Diduga Lalai, P2G Burem Rayeuk Loloskan Calon Belum Cukup Umur

Lentera24.com | ACEH TIMUR -- Seharusnya sebagai Ketua Panitia Pemilihan Geuchik terpilih harus memahami aturan sehingga tidak salah dalaam menetapkan ataupun memberikan informasi tentang persayaratan bagi kandidat yang mau mencalonkan diri sebagai Geuchik.


Tetapi tidak seperti Ketua Panitia Pemilihan Gechik (P2G) Gampong Birem Rayeuk Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur yang tidak memahami aturan atau Qanun tentang persyaratan pencalonan Geuchik, sehingga meloloskan calon no 4 Muksal Mina (23) yang belum cukup umur untuk mengikuti Pemilihan Geuchik periode 2018-2024 dan berhasil mendulang suara terbanyak pada pemilihan Geuchik yang diselenggarakan pada hari Kamis (27/9).

Pada saat dihubungi media ini Rahmad selaku ketua P2G via telpon selulernya Minggu (22/9)
mengutarakan bahwa memang ada kesilapan pada saat menyusun tahapan atau persaratan yang harus dipenuhi oleh masing-masing calon, ujarnya.

Lanjutnya, dalam penyusunan tahapan dan pengumuman sebagai persyaratan yang wajib dipenuhi oleh masing-masing calon, kami P2G dan Tuha Peut yang membahasnya, namun satu poin persayaratan sesui Qanun Aceh nomor 4 tahun 2009 tentang Pemilahan Geuchik yaitu usia minimal 25 tahun ke atas.

Kesilapan itu terjadi kata Rahmad, disebab karena Qanun tersebut diberikan pada kami dengan waktu yang sangat singkat sehingga kurang waktu untuk mempelajarinya, uajarnya sembari menutup pembicaraan di ujung telepon.

Diketahui sebelumnya dalam pemilihan Geuchik Gampong Birem Rayeuk diikuti oleh 7 orang kandidat yakni : 
1.Zulwabis meraih suara 195

2.Muslem Nyakman meraih 26 suara

3.Mulyadi meraih 263 suara

4.Muksal.mina meraih 266 suara

5.M.salihin meraih 33 suara

6 Ismail meraih 199 suara

7.M.yusuf meraih 52 suara .Sedangkan suara rusak 16 suara,katanya.

Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Gampong Birem Rayeuk sebanyak 1085 orang, sedangkan yang hadir ke TPS sesuai kertas undangan yang terkumpul 1050 orang suara rusak 16 orang. [] L24-007 (Roby Sinaga)
Diberdayakan oleh Blogger.