Cuka Apel Bisa Turunkan Asam Lambung?

Lentera24.com | JAKARTA -- Masih banyak orang meragukan apakah cuka sari apel dapat membantu banyak penyakit. Mungkinkah itu membantu menurunkan berat badan? Bisakah membantu membersihkan jerawat? Apakah bagus untuk rambut? Bisakah meredakan refluks asam?

Foto : Republika.co.id
Deretan pertanyaan itu muncul sebab banyak orang memberikan testimoni tentang kekuatan cuka apel. Mereka menyatakan asam dapat membantu pencernaan dan ragi.

Cuka apel diklaim bisa bertindak sebagai probiotik alami. Apakah benar manfaat cuka apel seperti itu, terutama bisa meredakan masalah asam lambung yang banyak diderita masyarakat Indonesia?

Gastroenterologist di  Independence Family Health Center Maged Rizk menyatakan, cuka apel sebagai obat untuk redakan asam lambung masih berupa asumsi belaka. Para peneliti belum melakukan penelitian ilmiah yang cukup di sekitar klaim yang ada.

Namun, Rizk tidak bisa memberikan larangan bagi orang yang ingin mencoba pengobatan asam lambung dengan menggunakan cuka apel. Sebab, meskipun hanya ada sedikit penelitian untuk mendukung klaim kesehatan yang terkait dengan cuka sari apel, risiko percobaan pada umumnya rendah.

Bagi yang ingin mencoba pengobatan cuka apel caranya cukup mudah. Hanya dengan mengonsumsi  satu sendok teh cuka sari apel  yang diencerkan ke dalam cangkir air hangat dan diminum sebelum atau sesudah makan, dikutip dari health.clevelandclinic, Selasa (25/9). [] REPUBLIKA.CO.ID
Diberdayakan oleh Blogger.