Masyarakat : Penggunaan Dana Desa untuk Padat Karya Tunai Belum Berjalan Maksimal di Aceh Tamiang

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Juknis Cash Of Work Atau Padat Karya Tunai (PKT) untuk penggunaan Dana Desa tahun 2018 belum sepenuhnya berjalan di 213 Desa yang ada. Hal ini disampaikan, Saiful Alam SE, kepada Lentera24.com Sabtu (14/07) dikediamannya.


Menurut Saiful Alam, Juknis yang disahkan Maret 2018, merupakan kebijakan luar biasa dari pemerintah pusat guna meningkatkan pendapatan masyarakat. Dimana 30 % dari anggaran pembangunan desa menjadi Hak Ongkos Kerja (HOK).

Oleh sebab itu, guna mencapai tujuan dari PKT tersebut, pemerintah daerah selaku stack holder mampu memfasilitasi dan memberikan penjelasan kepada pemerintah kampung selaku pelaksana di lapangan, agar terjadi keseragaman di 213 kampung yang ada.

 "Jika PKT ini dilaksanakan sesuai Juknis, maka peningkatan ekonomi masyarakat otomatis akan bertambah, Pemerintah daerah harus sigap", kata Saiful Alam yang juga Mantan Datok Penghulu. 

Selain itu, lanjut Saiful Alam, mekanisme dalam menetapkan pekerja dimasing-masing desa juga harus diperhatikan. Dimana Juknis juga sudah menetapkan aturan untuk itu.

"Kita harapkan, pada anggaran perubahan dana desa nanti, 213 kampung sudah jalankan Padat Karya Tunai", kata Saiful alam yang juga seorang Wartawan. [] L24-004
Diberdayakan oleh Blogger.