Sekda Inspektur Upacara Harlah Pancasila

Lentera24.com | SUBULUSSALAM -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Subulussalam, H. Damhuri, SP, MM inspektur upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Sada Kata Kota Subulussalam, Jumat (1/6).


Selain memimpin pembacaan teks Pancasila, Sekda Damhuri juga membacakan pidato Presiden RI, Joko Widodo.

Pasukan upacara, personel Kodim 0118/Kota Subulussalam, Brimob, pejabat eselon II, ASN Pemko Subulussalam, personel Dishub, Satpol PP dan WH serta anggota Gerakan Pramuka Kota Subulussalam.

Dimulai sekira pukul 08.40 WIB, upacara diawali pembacaan ayat suci alquran oleh Risdawati, bagian Humas dan Protokol Setdako dan diakhiri doa oleh Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan, Hermaini. Sedangkan komandan upacara, Kapten Inf. Gunawan dan Kapten Inf. Fahrul Muhadi sebagai perwira upacara serta Pembaca Pembukaan UUD 1945, Serka Saihudin.

Membacakan pidato Presiden RI, disebutkan, 73 tahun Pancasila menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia, mampu bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi lain yang berusaha menggesernya. Pancasila diakui menjadi rumah bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika dan diyakini sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai berkah indah dari Tuhan Yang Maha Esa, Pancasila untuk pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada, 1 juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta, 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada, 18 Agustus 1945.

Sebagai pemersatu segala perbedaan, Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, menjadi fondasi dibangun Indonesia bersatu, berdaulat, adil dan makmur. []L24-Khairul

Foto: Sekda Kota Subulussalam, H. Damhuri, SP, MM inspektur upacara Hari Lahir Pancasila di Subulussalam, Jumat (1/6). [] L24-Khairul

Diberdayakan oleh Blogger.