Kepala BKKBN Aceh Tutup Pelatihan Enumerator Survey SKAP

Lentera24.com | BANDA ACEH  -- Seteleh 20 peserta  mengikuti  pelatihan , akhirnya Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Aceh diwakili, Kepala Bidang  Pelatihan dan Pengembangan, Drs Saflawi TR menutup pelatihan Enumerator  Survey Kinerja Akuntabilitas Program (SKAP) Kependudukan keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Hotel Mekkah Banda Aceh, Sabtu (5/5).


Pelatihan berlansung 12 hari dari tanggal 24 April sampai tanggal 5 Mei 2018 itu diikuti 20 peserta mewakili dari kabupaten/ kota se- Aceh dengan menghadirkan pemateri dari BKKBN Aceh dan nara sumber dari Unsyiah Banda Aceh yang memberikan 19 materi pokok kegiatan.

Saflawi TR dalam  pidatonya  mengingatkan peserta pelatihan yang akan turun ke  masing-masing kabupaten kota menjalankan tugas-tugas survey dan pendataan kegiatan BKKBN bahwa  di lapangan tentunya akan menghadapi banyak kendala. Namun dia meyakinkan dibalik kesulitan itu akan banyak pula kemudahan.

“Tidak cukup dengan hanya pelatihan di dalam kelas, namun di lapangan banyak kesulitan. Tapi yakin, dibalik kesulitan akan banyak pula kemudahan”, katanya seraya mencetakan bagaimana  Rasullah Muhammad SAW mengalami banyak tantangan dalam menegakkan Islam pada awal perjuangan Rasulullah.

Kepada peseta survey yang akan bertugas di lapangan, Saflawi TR, menambahkan, pembekalan diri selain pembekalan dari pelatihan perlu didukung keterampilan dari  diri sendiri dari masing masing peserta berupa nilai-nilai  integritas, etos kerja dan gotong – royong.  Selain itu di lapangan perlu ke hatia-hatian saat wawancara sumber yang diwawancarainya dengan melihat situasi dan padai membawa diri dengan akhlaq yang baik dan sopan santun yang dianut masyarakat setempat.

Program KB, tambah Saflawi, bukan hanya terkait kontrasepsi, namun leboih luas, adanya program kampung KB yang memuat banyak program kesejahtraan rakyat. Bagaimana  merencanakan keluarga, sampai keluarga yang belum memiliki vasilitas MCK di rumah tangganya, dan sebgainya.

Panitia penyelenggara pelatihan dan penangungjawab kegiatan,  Drs Taufiqurrahman yang juga  Kepala Subbid Program dan Kerjasama  saat melaporkan kegiatan pelatihan tersebut kepada Kepala BKKBN Perwakilan Aceh mengatakan,

Sangat mengapresiasi kepada  para  narasumber yang sangat  serius memberikan  materi pelatihan, demikian juga 20 peserta yang selama pelatihan semua sehat dangan  mengikuti pelatihan dengan serius juga dan dapat  menangkap semua apa yang disampaikan  nara sumber.

“Kami berterima kasih kepada  para  nara sumber, supervisor, maupun peserta yang sudah  berpartisipasi penuh dengan kegiatan ini. Semua peserta juga sehat wal afiat”, katanya.

Dikatakannya, program ini  merupakan  kegiatan nasional yang dilaksanakan di semua daerah. Dia berharap kegiatan pelatihan masa mendatang supaya  bisa lebih ditingkatkan kedisipilan  dari peserta.

Aria Maulana  Terbaik  Satu

Pada kesempatan itu kepada peserta yang memperoleh  nilai tertinggi dari hasil penilaian  kemampuan peserta, tiga orang diantaranya mendapatkan penghargaan juara 1 ,2 dan 3. Dan diserahkan hadiah langsung oleh yang mewakili kepala BKKBN Perwakilan Aceh, Drs. Saflawi TR.

Nilai terbaik satu diraih perserta dari Kabupaten Aceh  Pidie,  Aria Maulana dengan  nilai 89, terbaik dua dari kabupaten Aceh Utara,  Lia Mira Larasati dengan  nilai  85 dan terbaik ke tiga, dari Aceh Tamiang, Eli Suridar.  [] L24-012 (M. Amin)

Diberdayakan oleh Blogger.