YouTube Bakal Sembunyikan Jumlah Asli Subscribers

Lentera24.com | MENLO PARK -- Dalam upaya untuk menghilangkan tekanan bagi para kreator, YouTube mengubah caranya menampilkan berapa banyak pengikut atau subscribers yang dimiliki masing-masing kanal video.

Foto : Sindonews
Dikutip dari Engadget, Senin (2/9/2019) sepanjang September platform streaming video ini akan mengeluarkan kebijakan baru yang akan dilakukan secara bertahap. Nantinya, jumlah subscribers akan disingkat penomorannya.

Misalnya, jika suatu kanal atau akun di YouTube memiliki 1.234.567 pelanggan, tapi yang penonton lihat jumlah subscribers adalah 1,23M.

Langkah tersebut telah diumumkan pada Mei lalu. Penyingkatan angka itu akan dilakukan, baik di desktop maupun aplikasi, khusus untuk pemilik kanal yang pengikutnya lebih dari 1.000 orang.

"Kami berharap ini membantu semua kreator fokus untuk membuat konten mereka, tanpa memikirkan berapa jumalh pengikutnya," kata pihak YouTube.

Namun, para pembuat konten tidak perlu khawatir. Mereka tetap bisa melihat angka detailnya di YouTube Studio dan YouTube Analytics.

"Meskipun kami tahu tidak semua orang akan setuju dengan pembaruan ini, kami berharap ini adalah langkah positif bagi komunitas, baik mereka yang melihat dan membuat konten," ujar YouTube meyakinkan

Langkah menyembunyikan jumlah pengikut ini bukan hanya dilakukan oleh YouTube. Sejak April lalu, Instagram sudah menguji fitur serupa yang menyembunyikan 'Like' dari para pengikut. Tujuannya sama, agar pemilik akun tidak fokus pada peningkatan jumlah pengikut, melainkan bisa fokus membuat konten yang berkualitas. [] SINDONEWS
Diberdayakan oleh Blogger.