Semangat Berqurban di Kampung Tanjung Seumantoh

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- 
Hari raya Idul Adha, atau biasa di sebut Hari Raya Qurban, dirayakan masyarakat Kampung Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru untuk berlomba-lomba mengumpulkan pahala. Caranya dengan menyisihkan Sebagian rezki untuk ikut Berqurban.

Foto : Penyembelihan 11 ekor lembu qurban di Desa Tanjung Seumantoh Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu 11/08/19 di Lapangan Dusun Damai | Dok-Razzaq

Pada tahun 1440 Hijriyah ini, Panitia Qurban Kampung Tanjung Seumantoh  menerima 11 ekor lembu dari masyarakat untuk diqurbankan. Antusias masyarakat untuk ikut berqurban merupakan bagian dari pada mengingat Perjuangan Nabi Ibrahim  AS.

Dimana Nabi Ibrahim menerima perintah dari Allah SWT untuk mengorbankan Nabi Ismail (anaknya) dengan cara disembelih. Namun Allah SWT hanya menguji kesabaran sorta keikhlasan Nabi Ibrahim. Allah SWT menggantikan Nabi Ismail dengan seekor Qibas.

Keikhlasan Nabi Ibrahim dalam menjalankan perintah Allah SWT menjadi semangat masyarakat Desa Tanjung Seumantoh untuk beramai-ramai berqurban. Ini terlihat dari jumlah Lembu yang diterima Panitia setiap tahunnya bertambah.

Datok Penghulu Kampung Tanjung Seumantoh, Amirul Mukminin, kepada Lentera24.com, menyebutkan bahwa 11 ekor lembu yang disembelih itu akan dibagikan untuk 420 orang Kepala Keluarga (KK) yang memiliki kupon yang diantar Panitia Qurban sehari sebelumnya.

"Meski kondisi ekonomi saat ini sedang labil, namun masyarakat di Kampung Tanjung Seumantoh tetap bersemanagat untuk qurban, dengan sistem arisan yang sudah menjadi budaya di Kampung kami," ujar Datok. []L24-004 (Razzaq)

Diberdayakan oleh Blogger.