Percepat Progres Program SANIMAS – IsDB Kasatker Kunjungi Lokasi Pembangunan IPAL

Lentera24.com - ACEH TAMIANG -- Dalam mempercepat progres kegiatan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)  Komunal Program Sanitasi Berbasis Masyarakat – Islmic Development Bank (SANIMAS - IsDB) Tahun 2019, Kepala Satuan Kerja Pembangunan Infranstruktur Permukiman (PIP) Kabupaten Aceh Tamiang melakukan rutinitasnya berkunjung kelapangan di sejumlah titik pembangunan.

Foto: Kasatker Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PIP) Kabupaten Aceh Tamiang, Wan Zulham mengunjungi  lokasi Pembangunan IPAL di Bukit Tempurung (Kasatker Pembangunan Infrastruktur Permukiman (PIP) Kabupaten Aceh Tamiang, Wan Zulham mengunjungi  lokasi Pembangunan IPAL di Bukit Tempurung. (Doc. Suparmin)

Kunjungan dimaksud untuk memantau perkembangan salahsatu kegiatan di Kecamatan Kota Kualasimpang, yakni di Desa Bukit Tempurung.

“ Kami sudah sepakat, jajaran DPIU, Satker dan PPK untuk terus memantau perkembangan pembangunan IPAL Komunal di Kampung Bukit Tempurung” sebut Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pembangunan Infranstruktur Permukiman (PIP) Kabupaten Aceh Tamiang, Wan Zulham kepada Lentera24.com saat melakukan kunjungan di Dusun Melati Kampung Bukit Tempurung Kecamatan Kota Kualasimpang, Jumat (9/8).

Menurut Wan Zulham, pelaksanaan pembangunan IPAL secara Komunal Program SANIMAS – IsDB hingga saat ini masih berjalan lancar dan sesuai dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan pihak Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Udiep Sare Kampung Bukit Tempurung Kecamatan Kota Kulasimpang.

“ Saat ini progres kegiatan sudah mencapai target yang telah disepakati, dan harapan realisasi kedepannya agar LKM dan KSM dapat terus mempertahankan capaian secara maksimal sesuai yang telah disepakti dalam perjanjian. Ya kita berharap agar IPAL Komunal ini dapat diselesaikan secara keseluruhan tanpa melewati ambang kesepakatan” tegas Wan Zulham.



Wan Zulham menambahkan untuk Tahun 2019 ada enam titik lokasi pembangunan IPAL dan semuanya berada di Desa Bukit Tempurung dengan rincian tiga titik sedang tahap pelaksanaan kegiatan. Sedangkan pada titik lain lagi sudah selesai tanda tangan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara PPK dan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Udiep Sare Kmapung Bukit Tempurung.

Program Sanimas – IsDB sambung Wan Zulham bertujuan untuk menyediakan prasarana infrastruktur air limbah bagi masyarakat didaerah kumuh padat penduduk perkotaan. Disebutkan pula, kegiatan ini akan membantu mengatasi masalah-masalah kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan buang air besar sembarangan dan sanitasi yang buruk.

Foto: Kepala BAPPEDA Aceh Tamiang, Rianto Waris sedang memantau pelaksanaan pekerjaan IPAL

Diharapkannya, sejak dibangunnya ini hingga dimasa yang akan datang tidak ada lagi air limbah rumah tangga itu mengalir di saluran parit beton yang berada pada lingkungan rumah.

“ Kapasitas IPAL yang dibangun ini akan menampung 50 sambungan rumah. Semua yang berbentuk limbah cair akan ditampung dalam IPAL “ jelas Wan Zulham.

Wan Zulham berharap dengan kegiatan Sanitasi Berbasis Masyarakat ini akan meningkatkan jumlah rumah tangga yang memiliki fasilitas sanitasi yang lebih baik, pembuatan instalasi pengolahan air limbah yang fungsional tetapi mudah digunakan, sehingga dapat meningkatkan pembuangan air limbah dan kotoran dan mengurangi kemungkinan kontaminasi terhadap manusia dan lingkungan.

"Semoga ini bisa membawa dampak positif bagi llwarga untuk bisa hidup dengan fola hidup sehat serta  menjaga melatih masyarakat setempat untuk merawat fasilitas tersebut.

Sementara itu Koordinator Lembaga Keswasdayaan Masyarakat (LKM) Udiep Sare Bukit Tempurung Kecamatan Kota Kualasimpang, M. Yusuf, SAg kepada Lentera24.com menyampaikan ribuan terimakasih kepada pihak Kasatker yang selalu memantau kegiatan pembangunan IPAL dalam wilayah kerja LKM Udiep Sare.

“Dengan seringnya Kasatker, PPK dan DPIU yang terus memantau kegiatan pembangunan ini, kita sangat optimis pelaksanaan kegiatan ini akan tercapai sesuai target” sebut Yusuf.

Dikatakan Yusuf, dengan adanya program SANIMAS – IsDB tersebut, Desa Bukit Tempurung bisa menjadi sebuah kawasan permukiman padat penduduk yang bersih, sehat dan terbebas dari kekumuhan. [] L24-002
Diberdayakan oleh Blogger.