Forkopimcam Kejuruan Muda Bersama Warga Laksanakan Gotong Royong

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Forkopimcam Kejuruan Muda dan jajaran bersama warga bergotong royong membersihkan lingkungan. Gotong Royong ini dilaksanakan secara serentak di 15 Kampung yang berada di wilayah Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang sesuai dengan Himbauan Bersama Forkopimcam Kejuruan Muda tentang Perayaan Bulan Kemerdekaan, Jumat (02/08) Pagi.


Fokus kegiatan gotong royong meliputi pembersihan sampah - sampah non organik, Penyemprotan tumbuhan liar, Pemangkasan dahan - dahan pepohonan yang dapat membahayakan pengguna jalan, dan pembersihan saluran drainase permukaan berupa parit - parit dengan membuang dan mengalirkan material yang mengganggu laju masa air.

Pantauan Lentera24, di lapangan kegiatan gotong royong ini juga diisi dengan edukasi kepada masyarakat yang disampaikan oleh tenaga medis dari Dinas Kesehatan Aceh Tamiang perihal upaya - upaya pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. 

Camat Kejuruan Muda, Rusni Devi Ariyanti M, S.STP mengatakan tujuan gotong royong ini untuk menggugah kembali rasa persaudaraan dan semangat kerjasama dalam momentum peringatan hari kemerdekaan republik Indonesia ke - 74.


"Selain tujuan tadi, kami forkopimcam fokuskan hadir gotong royong di Kampung Jawa karena ada 5 kasus suspect DBD di kampung ini. Kita koordinasi dengan puskesmas untuk dapat menghadirkan narasumber dari dinas kesehatan untuk memberikan edukasi pencegahan kepada masyarakat. Alhamdulillah terlaksana," tutur Devi.

Dirinya juga menambahkan kedepannya forkopimcam akan meluncurkan program "RISI DASIH" singkatan dari "Risih Bila Tidak Bersih" yang acuan kegiatannya berupa gotong royong membersihkan lingkungan bersama warga dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan yang dilaksanakan di setiap bulannya dengan disisipkan edukasi kepada masyarakat baik berupa materi pemberdayaan, pelestarian, kesehatan, dan pembinaan teritorial melalui pola sosialiasi persuasif. 

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat, mari sama - sama menjaga dan melestarikan lingkungan. Mari kelola sampah alami dan rumah tangga dengan bijak, tanamkan sifat risih bila lingkungan disekeliling kita tidak bersih," tukasnya [] L24-004

Diberdayakan oleh Blogger.