HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Penyebab Kutil yang Tak Boleh Disepelekan, Ternyata Bisa Menular

Lentera 24.com | JAKARTA -- Penyebab kutil ternyata bukan hal yang bisa dianggap remeh begitu saja. Kutil dapat muncul di mana saja di bagi...

Lentera24.com | JAKARTA -- Penyebab kutil ternyata bukan hal yang bisa dianggap remeh begitu saja. Kutil dapat muncul di mana saja di bagian tubuh. Kutil bisa terlihat seperti lepuh padat atau kembang kol kecil. 

Foto : Ilustrasi
Meskipun umumnya kutil tidak berbahaya, kutil bisa merusak penampilan, menyakitkan, bahkan menular. Penyebab kutil berasal dari virus yang menginfeksi lapisan atas kulit. Virus kutil menular dan dapat menyebar melalui kontak dengan kutil atau sesuatu yang menyentuh kutil.

Penyebab kutil memicu pertumbuhan sel ekstra, yang membuat lapisan luar kulit tebal dan keras. Meskipun kutil dapat tumbuh di mana saja di kulit, seseorang cenderung mendapatkan kutil di tangan atau kaki.

Mengetahui penyebab kutil bisa menjadi langkah pencegahan tumbuhnya kutil di kulit. Karena disebabkan oleh virus, penyebab kutil tak boleh diremehkan begitu saja. Berikut penjelasan mengenai penyebab kutil yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/7/2019).

Ada lima jenis kutil utama. Setiap jenis muncul pada bagian tubuh yang berbeda dan memiliki penampilan yang berbeda.

Kutil biasa

Kutil biasa tumbuh di jari tangan dan kaki, tetapi dapat muncul di tempat lain. Mereka memiliki penampilan kasar dan kasar dan atasan bulat. Kutil yang umum lebih kelabu daripada kulit di sekitarnya.

Kutil Plantar

Kutil Plantar tumbuh di telapak kaki. Tidak seperti kutil lainnya, kutil plantar tumbuh ke dalam kulit. Anda dapat mengetahui apakah Anda memiliki kutil plantar jika melihat apa yang tampak seperti lubang kecil di bagian bawah kaki a yang dikelilingi oleh kulit yang mengeras. Kutil Plantar dapat membuat berjalan tidak nyaman.

Kutil datar

Kutil rata atau rata biasanya tumbuh di wajah, paha, atau lengan. Mereka kecil dan tidak segera terlihat. Kutil datar memiliki bagian atas yang rata, seolah-olah telah dikupas. Mereka bisa berwarna merah muda, kecoklatan, atau agak kuning.

Kutil filiform

Kutil filiform tumbuh di sekitar mulut atau hidung dan terkadang di leher atau di bawah dagu. Mereka kecil dan berbentuk seperti lipatan kecil atau tag kulit. Kutil filiformis memiliki warna yang sama dengan kulit.

Kutil periungual

Kutil periungual tumbuh di bawah dan di sekitar kuku kaki dan kuku. Mereka bisa menyakitkan dan mempengaruhi pertumbuhan kuku.

Penyebab kutil secara umum

Kutil adalah pertumbuhan kecil dengan tekstur kasar yang dapat muncul di mana saja di tubuh. Ini bisa terlihat seperti lepuh padat atau kembang kol kecil. Kutil disebabkan oleh virus dalam keluarga human papillomavirus (HPV).

Pertumbuhan kecil dan non-kanker ini muncul ketika kulit terinfeksi salah satu dari banyak virus human papillomavirus (HPV). Virus memicu pertumbuhan sel ekstra, yang membuat lapisan luar kulit tebal dan keras.

Anak-anak dan remaja mendapatkan lebih banyak kutil daripada orang dewasa karena sistem kekebalan mereka belum membangun pertahanan terhadap banyak jenis HPV.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah - seperti orang dengan HIV atau yang menggunakan obat biologis untuk kondisi seperti RA, psoriasis, dan IBD - juga lebih rentan terkena kutil karena tubuh mereka mungkin tidak dapat melawannya.

Ada lebih dari 100 jenis HPV, virus yang menyebabkan kutil. Hampir semua jenis HPV menyebabkan kutil yang relatif tidak berbahaya yang muncul di tangan atau kaki.

Namun, ada beberapa jenis HPV yang menyebabkan kutil pada, di, dan di sekitar alat kelamin. Pada wanita, kutil ini disebut "genital warts" dan dapat menyebabkan kanker serviks, penyakit yang berpotensi fatal.

Faktor pemicu kutil

Virus HPV menyebabkan pertumbuhan keratin yang berlebihan dan cepat, yang merupakan protein keras di lapisan atas kulit. Strain HPV yang berbeda menyebabkan kutil yang berbeda.

Virus penyebab kutil dapat ditularkan melalui kontak kulit ke kulit yang dekat, dan melalui kontak dengan handuk atau sepatu. Virus dapat menyebar ke bagian tubuh lain melalui:

  • menggaruk atau menggigit kutil
  • mengisap jari
  • menggigit kuku, jika ada kutil di sekitar kuku
  • mencukur wajah atau kaki

Memiliki kulit yang basah atau rusak, dan bersentuhan dengan permukaan kasar meningkatkan risiko infeksi. Sebagai contoh, seseorang dengan goresan atau luka di telapak kakinya lebih mungkin mengembangkan virus di tempat umum.

Risiko terkena kutil dari orang lain rendah, tetapi dapat ditularkan, terutama jika orang tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Ini termasuk orang dengan HIV atau AIDS, dan mereka yang menggunakan imunosupresan setelah transplantasi.

Siapa pun yang pernah melakukan kontak kulit-ke-kulit berisiko mengalami infeksi HPV. Faktor lain yang dapat membuat seseorang berisiko lebih tinggi untuk infeksi HPV termasuk:

  • peningkatan jumlah pasangan seksual
  • hubungan seks vaginal, oral, atau anal tanpa kondom
  • sistem kekebalan yang melemah
  • memiliki pasangan seksual yang memiliki HPV [] LIPIUTAN6