HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pemerintah Dan Pelaku Industri Harus Bersinergi Angkat Keterpurukan Ekonomi Rakyat

Lentera 24.com | ACEH TAMIANG -- Pemerintah pusat masih terus berupaya untuk mengentaskan rakyatnya dari kemiskinan. Berbagai cara dalam  me...

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Pemerintah pusat masih terus berupaya untuk mengentaskan rakyatnya dari kemiskinan. Berbagai cara dalam  mengangkat taraf ekonomi rakyat juga terus dilakukan.


Dalam hal itu, Pemerintah pusat melalui daerah Kabupaten Aceh Tamiang dan Provinsi  Aceh mengajak seluruh lapisan dan stakeholder agar lebih erat bergandengan tangan dengan pihak pelaku industri demi mengangkat dan memajukan pertumbuhan ekonomi dengan membuka lapangan kerja secara luas maupun menciptakan kegiatan yang bertujuan agar rakyat memiliki potensi membuka usaha secara mandiri.

Deputy Director for Employment Creation pada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Ir Muhammad Iqbal Abbas, MBA, dikonfirmasi Lentera24 menyatakan, di Aceh Tamiang jumlah industri sangat terbatas, maka diharapkan agar Pemerintah bisa bergandengan tangan dengan wirausaha yang ada.

Untuk bisa sampai kearah yang lebih baik, sesuai dengan program pemerintah dalam memberdayakan masyarakat yang memiliki SDM dan berpotensi, maka perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan bagi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Iqbal pada work shop Skill Development Centre Kabupaten Aceh Tamiang (Sosialisasi, analisis potensi wilayah, baseline data) di Guest House, Pertamina, Rantau Kabupaten Aceh Tamiang pada Senin (29/7).

"Sinergitas penyiapan SDM berbasis kebutuhan melalui pelatihan kerja dan ditindaklanjuti dengan proses lainnya, termasuk solusi Pemerintah dalam upayanya menjadikan masyarakat yang berpotensi sebagai wirausaha," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Tamiang, T. Insyafuddin, ST mengharapkan agar Pemerintah bisa lebih terfokus dalam menggunakan dana anggaran yang ada. Sehingga penyerapan sumberdaya tenaga kerja harus lebih ditingkatkan.

Insyafuddin menjelaskan, bahwa mahasiswa setelah diwisuda harus dilatih, agar bisa lebih memahami bagaimana cara membuka peluang usaha sebelum terkontaminasi dengan hal-hal lain yang hanya berharap bisa menjadi pekerja diperusahaan maupun menjadi pegawai negeri sipil.

Diharapkan pula, sebagai manusia yang memiliki SDM yang baik harus bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain melalui program usaha mandiri yang berhasil diciptakan setelah digembleng melalui berbagai pelatihan dan pendidikan. [] L24-002