Ratusan Warga Sapta Jaya Datangi Kantor Camat Rantau, Ini Tuntutan Mereka

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Ratusan Masyarakat di 7 Kampung dalam Kemukiman Sapta Jaya Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang, menuntut Pemerintah Daerah menutup kandang ayam yang diduga tidak memiliki izin. Hal tersebut mereka sampaikan pada Audinesi di Kantor Camat setempat, Jumat (14/06). 


Tuntutan tersebut mereka sampaikan bukan tanpa dasar, pasalnya hampir 7 tahun lebih warga merasakan dampak negatif atas keberadaan ternak ayam tersebut. "Kami minta kandang ayam yang saat ini masih beroperasi untuk ditutup," ujar Suratman salah seorang Warga. 

Parahnya lagi, tambah Suratman, bau tak sedap serta lalat yang dihasilkan kandang ayam tersebut sudah sangat mengganggu kenyaman dalam beristirahat. "Bukan hanya itu, lingkungan perumahan warga, sekolah-sekolah juga terkena dampaknya," ungkapnya. 

Terkiat izin usaha kandang ayam, Kasi Pelaporan dan sengketa lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Tamiang, Dwi Yuliani menyampaikan bahwa pihaknya sama sekali tidak pernah mengeluarkan izin lingkungan kepada para pengusaha peternak ayam.

"Kita harapkan para peternak ayam segera mengurus dan melengkapi segala surat menyurat yang terkait dengan izin usaha selama ditutup sementara," ujarnya

Sementara Camat Kecamatan Rantau, Zainuddin SE,  didampingi Kapolsek Rantau Ipda Bima Nugraha STK, Babinsa Rantau Pelda Syaifullah, Kabid Penataan dan penataan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Tamiang Yusrizal, Kasi Pelaporan dan sengketa lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Dwi Yuliani mengatakan untuk sementara Kandang Ayam yang masih beroperasi kita tutup sampai seluruh izin usaha terpenuhi. 

"Untuk sementara kita tutup kadang ayam kita tutup, ini harus kita lakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," ujar Camat dihadapan para pemilik kandang ayam yang hadir pada Audiensi tersebut. [] L24-004 (Razzaq) 

Diberdayakan oleh Blogger.