HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kebun Sawit Diatas Lahan Cetak Sawah Desa Tenggulun Segera Dibongkar

Lentera 24.com | ACEH TAMIANG -- Program pembangunan cetak sawah di Kabupaten Aceh Tamiang merupakan sebuah program prioritas Dinas Pertani...

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Program pembangunan cetak sawah di Kabupaten Aceh Tamiang merupakan sebuah program prioritas Dinas Pertanian Provinsi Aceh. Sawah cetak yang menjadi target dimaksud terdapat di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Tenggulun, Kecamatan Bendahara dan Kecamatan Karang Baru.

Yunus, SP
Plt Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Yunus, SP dikonfirmasi menyebutkan, kegiatan tersebut segera dimulai dalam waktu dekat ini, yakni diakhir Juni atau awal bulan Juli 2019.

"Paling cepat dikerjakan diakhir bulan ini, Juni atau selambat-lambatnya diawal bulan Juli," ujar Yunus, Rabu (19/6).

Yunus mengatakan, saat ini pigak terkait sedang melakukan pembuatan RAB terkait pelaksanaan kegiatan program sawah cetak tersebut.

"Sekarang masih proses pembuatan RAB bersama antara Dinas Pertanian Provinsi Aceh dengan Korem Lilawangsa. Setelah dilakukan penandatangan perjanjian dan dirapatkan oleh keduabelah pihak, maka alat kerjanya sudah bisa segera diturunkan kelapangan," imbuh Yunus yang didampingi Kabid Usaha Tani dan Pengembangan Lahan (UPL), Syahputra, S.Hut.

Di Desa Tenggulun, kata Yunus, merupakan daerah terluas hamparan sawah cetak yang kini sudah dialih fungsikan petani menjadi tanaman kelapa sawit. Dalam tahap awal pembangunan sawah cetak tersebut, Desa Tenggulun dilakun penumbangan pohon kelapa sawit seluas 212,19 hektar.

"Ditahap awal ini, sawah cetak di Kabupaten Aceh Tamiang yang bakal digarap seluas 290 hektar, yakni di Tenggulun seluas 212,19 hektar, Bendahara, 26,8 hektar dan Karang Baru seluas 50,8 hektar," papar Yunus.

Dikatakannya juga, dengan tercetaknya sawah tersebut, agar bisa menambah luas baku lahan sawah di Kabupaten Aceh Tamiang yang saat ini hanya hamya memiliki luas lahan sawah sekitar 9089 hektar.

"Dengan bertambahnya luas persawahan di Kabupaten Aceh Tamiang ini, kita berharap agar kedepannya swasembada beras di daerah kita bisa terpenuhi," pungkas Yunus. [] L24-002