Tingkatkan Kesiapan Prajurit, Kodim 0703/Cilacap Gelar Binsiap Apwil dan Puanter TW II 2019

Lentera24.com | CILACAP -- Tingkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Kodim 0703/Cilacap menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan II TA. 2019, berlangsung di Aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap, Kamis (02/05).



Dalam sambutan Dandim Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) yang dibacakan Kapten Inf. Ngadisan mengatakan, melalui kegiatan ini, kita diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah. Jadikan kegiatan ini, sebagai barometer bagi kita selaku aparat kewilayahan mulai Danramil sampai dengan Babinsa guna menunjang tugas pokok

Kodim dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja.

Kegiatan ini juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD. "Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas dan kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya peningkatan kemampuan Apkowil melalui kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter yang diselenggarakan setiap triwulan,” terangnya.

Pada kegiatan itu, Kasiter Korem 071/Wijayakusuma Letkol Inf. Sapto Broto yang juga hadir dalam kegiatan itu mengajak kepada seluruh aparat wilayah agar dalam melaksanakan kegiatan kewilayahan atau bekerja untuk tidak selalu berdasarkan program,  "Apabila kita melihat ada sesuatu yang perlu dibantu kita, kita harus bisa berinisiatif memberikan ide-ide kreatif kepada mereka." ujarnys

"Beberapa penekanan yang harus dijadikan pedoman dalam bertugas antara lain, meningkatkan dan pelihara kesiapan sebagai aparat kewilayahan serta mantapkan kemampuan teritorial, meningkatkan kemampuan pemberian laporan kepada Komando Atas agar dapat ditindaklanjuti serta mempelajari kembali materi-materi Lima Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial dan Metode Pembinaan Teritorial,” tandasnya.

Selain itu materi yang diberikan antara lain, Sikap Teritorial, Tiga Metode Binter, Lima Kemampuan Teritorial, Metode Binter, dan materi tambahan tentang Aplikasi Babinsa memberikan arahan kepada warga binaannya. Beberapa materi itu disampaikan oleh para Danramil sesuai dengan materi yang dipertangjungjawabkan. [] L24-015 (Tarwan)
Diberdayakan oleh Blogger.