PPKPM UIN Ar-Raniry Laksanakan Pestival Islami Anak Sholeh Aceh Timur

Lentera24.com | ACEWH TIMUR -- Mahasiswa praktek profesi keguruan dan pengabdian masyarakat (PPKPM) terpadu FTK-UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengadakan perlombaan Festival Islami Anak Sholeh se Aceh Timur.


Festival ini dislengarakan oleh PPKPM untuk membentuk generasi muda yang menjujung tinggi nilai kebangsaan dan keagamaan dengan tujuan mengaktualisasikan prestasi dan kreatifitas serta pengalian bakat anak dan remaj di Aceh Timur sekaligus mempererat hubungan silahturahmi atar santri madrasah dan sekolah sekaligus memotivasi anak dan remaja dlam meningkatkan minat, bakat dan prestasi serta menanamkan sikap kepedulian terhadap kondisi anak dan remaja pada masyarakat.

Menurut ketua panitia pelaksana, hanif dari Fakultas Tarbiya UIN Ar-Raniry adapun peserta Pestival ini diikuti sebanyak 196 orang yang terdiri dari anak usia 6 sampai 12 tahun dan remaja usia 12 sampai 15 Tahun yang akan meniguti sepuluh cabang perlombaan dimana acara ini menurut dia didukung sepenuhnya oleh pihak kampus serta pemerintah kabupatn aceh timur. Adapun selain di Gedung ISC, acara pestival ini juga diselengarakan di beberapa tempat yang diadakan secara paralel seperti Mesjid Gampong Jawa, Aula Mesjid Gampong Aceh serta Meunasah Gampong Keude Aceh dengan perlombaan jenis perlombaan antara lain lomba Azan, Hafidz Juzz Amma, Da’i Remaja, Khutbah Jum’at dan Cerdas Cermat Agama dan acara ini sendiri akan berlangsung selama tiga hari sejak Jum’at 26 s.d Minggu 28 April 2019.

Sementara itu Bupati Aceh Timur dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur , Rusyidi, S.Pd mengatakan kegiatan ini  merupakan perwujudan nyata kita dalam menanamkan pengetahuan serta akhlak agama kepada anak-anak sekalian semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi untuk terus mengembangkan diri dan menanamkan sikap-sikap yang adil serta merangsang daya saing dan sportif sebagai wahana mengekpresikan kepepribadian anak-anak Aceh Timur yang sholeh dan sholehah, menjadi dambaan orang tua, bangsa dan agama, jangan hanya mengejar kemenangan saja, tetapi jadikanlah kegiatan ini untuk memperkokoh jalinan silaturahmi, untuk mewujudkan ukhuwah islamiyah bagi seluruh komponen bangsa, dan agama, ikuti perlombaan dengan semangat penuh optimis dan berdoalah semoga dapat tercapai dengan baik sebab, pendidikan terhadap anak yang dimulai sejak dini akan memberikan persiapan anak menghadapi depan anak itu sendiri. terlebih lagi pendidikan anak sholeh yang merupakan salah satu sedekah jariyah yang pahalanya akan terus mengalir meskipun orang tuanya telah wafat.

Acara pembukaan yang dilaksanakan di gedung Idi Sport center ini dihadiri oleh seluruh Mahasiswa praktek profesi keguruan dan pengabdian masyarakat (PPKPM) terpadu FTK-UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang melakukan PPKM di Aceh Timur, kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Aceh Timur beseta tamu dan undanggan lainnya. [] L24-012 (M. Amin)
Diberdayakan oleh Blogger.