Ini Foto Lubang Hitam yang Berhasil Ditangkap Astronom

Lentera24.com | JAKARTA -- Untuk pertama kalinya, lubang hitam berhasil ditangkap oleh astronom. Gambar menunjukkan sebuah objek yang tampak sebagai cahaya dengan lingkaran hitam yang berada di tengahnya.

Foto : Okezone
Dilansir Nymag, untuk pertama Kekosongan masif ini memiliki massa 6,5 miliar kali lebih besar dari matahari dan terletak di pusat Messier 87, sebuah galaksi yang berjarak 55 juta tahun cahaya.

Karena jaraknya begitu jauh, hal ini mungkin menjelaskan mengapa gambar itu agak buram.

Reuters mengabarkan, menggunakan jaringan teleskop global untuk melihat "yang tidak dapat dilihat", sebuah tim ilmiah internasional pada Rabu mengumumkan tonggak sejarah dalam astrofisika. Terungkap foto lubang hitam pertama kalinya dalam pencapaian yang mengesahkan pilar ilmu pengetahuan yang diajukan oleh Albert Einstein lebih dari seabad yang lalu.

Lubang hitam adalah entitas yang mengerikan yang mengerahkan medan gravitasi yang begitu ganas sehingga tidak ada materi atau cahaya yang bisa lolos.

Foto yang agak kabur dari lubang hitam di pusat Messier 87, atau M87, sebuah galaksi masif yang berada di tengah kluster galaksi Virgo, menunjukkan cincin merah, kuning, dan putih yang mengelilingi pusat gelap.

Penelitian ini dilakukan oleh proyek Event Horizon Telescope (EHT), sebuah kolaborasi internasional yang melibatkan sekira 200 ilmuwan yang dimulai pada 2012 untuk mencoba mengamati langsung lingkungan langsung dari lubang hitam. Pengumuman ini dibuat dalam konferensi pers simultan di Washington, Brussels, Santiago, Shanghai, Taipei dan Tokyo.

Gambar tersebut diperoleh dengan menggunakan data yang dikumpulkan pada April 2017 dari delapan teleskop radio di enam lokasi, yang pada dasarnya membuat antena parabola berukuran planet. [] OKEZONE




Diberdayakan oleh Blogger.