Bunda, Ini Tips Membuat Batagor Ayam untuk Cemilan Anak

Lentera24.com | JAKARTA -- Batagor menjadi makanan yang disukai masyarakat Indonesia. Mencari makanan ringan yang satu ini pun cukup mudah. Bahkan, di depan rumah pun suka lewat. Namun, demi kesehatan dan cita rasa yang sesuai, Anda bisa membuatnya di rumah.


Anda bisa mengreasikan batagor dengan bahan ayam. Batagor Ayam pun bisa menjadi camilan sore hari. Berikut resep mengolahnya seperti dikutip akun Instagram @berbagiresep.

Bahan-bahan:
4 kotak tahu, masing-masing dibagi 2 bentuk segitiga
Kulit pangsit secukupnya
250 gr daging ayam fillet, giling
5 sdm tepung sagu tani
2 sdm tepung terigu
1 telur ayam
3 bawang putih halus
1 daun bawang, iris
Garam
Gula
Kaldu bubuk

Bumbu kacang:
100 gr kacang tanah
3 bawang putih
4 cabe merah besar
3-5 cabe rawit, sesuai selera
600 ml air
Garam
Gula

Cara membuat:
Lubangi dan kerok sedikit bagian tengah tahu, sisihkan. Campurkan daging ayam giling dengan tepung sagu, tepung terigu, telur dan bumbui garam, gula kaldu bubuk. Aduk rata lalu masukkan irisan daun bawang, aduk rata kembali. Masukkan 1 sdm adonan ke dalam tahu yang sudah dilubangi atau sampai padat, ulangi sampai semua tahu terisi. Untuk isian kulit pangsit, ambil 1/2 sdm adonan taruh pada kulit pangsit lalu dikerutkan.

Goreng tahu dan kulit pangsit yang sudah diberi isi adonan sampai matang dan kecoklatan. Bumbu kacang, goreng kacang tanah, cabe merah, cabe rawit dan bawang putih. Angkat lalu tiriskan. Lalu blender sampai halus. Masukkan air dan bumbui dengan garam dan gula, masak bumbu kacang sambil diaduk-aduk dengan api kecil sampai keluar minyak dari kacang dan berubah warna. Koreksi rasa. Batagor ayam siap dihidangkan. [] SINDONEWS
Diberdayakan oleh Blogger.