Bekali Cara Pencoblosan Kepada Rakyat, KIP Aceh Tamiang Gelar Simulasi

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang berupaya  proses pemilu yang berlangsung pada 17 April mendatang bisa berjalan dengan sukses. Kesuksesan itu dicapai karena seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang telah memahami terhadap seluruh tahapan proses pemilihan.


Sebab itu, KIP Aceh Tamiang menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019 untuk memberikan pemahaman terhadap berbagai tahapan pemilu kepada masyarakat, Kamis (11/4).

"Kamis kemarin KIP Aceh Tamiang sudah mensosialisasikan tatacara pemungutan dan penghitungan suara pemilu. Simulasi ini sebagai ajang pendalaman pemahaman tahapan selama proses pemilu berlangsung," ujar Komisioner Divisi Teknis pada KIP setempat, Adi Sartika yang disampaikan diselah-selah kegiatannya tadi malam.

Kata Adi Sartika, kegiatan sosialisasi yang digelar dimaksud lebih terfokus kepada dua tahapan selama berada diarea tempat pemungutan suara (TPS). Diharapkan, dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat yang memiliki hak pilih, ketika melakukan pencoblosan kertas suara agar tidak terjadi sia-sia hanya gara gara mencoblos gambar atau lambang diluar daripada ketentuan.

"Terutama tentang cara melakukan pencoblosan dan penghitungan suara," terang Adi Sartika.

Imbuh dia, dua agenda penting yang disosialisasi itu, berlangsung sejak  pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB. Ditambahkannya, acara ini digelar secara serentak oleh KIP Kabupaten / Kota diseluruh Provinsi Aceh.

Dalam simulasi pemungutan dan penghitungn suara itu, pihak KIP Aceh Tamiang melibatkan sebanyak 221 orang masyarakat Desa Tanah Terban Kecamatan Karang Baru sebagai peserta pemilih yang terdaftar dalam DPT TPS 1 desa Tanah Terban.

Selain itu kata Adi, sebagai penyelenggara pemungutan suara, pihaknya juga mengundang perwakilan-perwakilan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dimasing-masing Kecamatan, seluruh panitia pemungutan (PPS) dan panitia panitia pemilihan Kecamatan (PPK).

Acara yang juga dihadiri oleh segenap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Tamiang ini dibuka oleh Bupati H. Mursil. [] L24-002.



Diberdayakan oleh Blogger.