HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Dekranasda Siap Pamerkan Hasil Kerajinan Rakyat

Lentera 24.com | ABDYA -- Wakil Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati mengatakan, dekranasda Aceh siap dan selalu bersedia untuk memamer...

Lentera24.com | ABDYA -- Wakil Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati mengatakan, dekranasda Aceh siap dan selalu bersedia untuk memamerkan bahkan menjual produk kerajinan Aceh hingga ke mancanegara. Namun demikian, Dyah meminta agar semua perajin untuk terus meningkatkan kualitas produk kerajinannya. 

Foto : Dok. Humas Prov. Aceh
"Salah satu tujuan Dekranasda adalah memakmurkan pengrajin. Kita siap memamerkan dan menjual produk kreatif dari Aceh," ujar Dyah saat membuka Pelatihan Peningkatan Diversifikasi Produk Sulaman Benang Emas Desa Padang, Kecamatan Manggeng, Aceh Barat Daya, Selasa 5 Maret 2019.

Desa Padang Kecamatan Manggeng merupakan desa binaan Dekranasda Aceh Barat Daya. Desa itu didapuk sebagai desa kerajinan provinsi Aceh tahun 2018 lalu. Karena itu, Dekranasda Aceh kemudian memilih untuk terus membina desa Padang sehingga hasil dari kerajinan sulam benang emas di sentranya ini semakin baik dan rapi serta desainnya pun semakin kaya. 

"Kerajinan sulaman benang emas ini andalannya Abdya. Sentra utamanya ada di sini dan kita harus terus kembangkan," kata Dyah. 

Sangking indahnya kerajinan sulaman benang emas, motif dan desainnya kerap jadi produk pameran Aceh hingga ke internasional. Namun demikian, untuk motif ini paling sering dipakai di pelaminan. Meski demikian, motif yang unik dan menarik ini sangat berpotensi untuk ditingkatkan dan dipakai pada produk lain. Lewat pelatihan, para perajin diharapkan bisa lebih kreatif dan terus meningkatkan jumlah produksinya. 

Dyah Erti mengatakan, Dekranasda Aceh punya beberapa showroom yang siap memamerkan dan menjual produk unggulan Aceh seperti yang disulam dengan benang emas. Showroom itu terletak di Banda Aceh dan di Jakarta (Smesco dan Taman Mini Indah). Ia meminta agar perajin melalui Dekranasda Abdya untuk mengirimkan hasil kerajinannya untuk dipamerkan dan dijual di sana. 

"Aceh punya lokasi (stand) strategis dan kita bisa menitipkan kerajinan berkualitas bagus di sana secara gratis," kata Dyah. "Banyak tamu mancanegara yang berkunjung ke sana."

Agar produknya unggul dari sisi kualitas dan unik dari sisi karya, Dyah meminta agar para perajin terus dibina dan dilatih untuk menghasilkan karya terbaik. Sisi tren warna serta desain yang simpel juga menjadi daya tarik untuk dikembangkan. 

Pada April mendatang, pemerintah pusat menggelar pameran Ina craft. Pemerintah Aceh dipastikan ikut andil dalam pameran terbesar di Jakarta tersebut. Dyah Erti meminta partisipasi dekranasda Kabupaten Abdya untuk memaksimalkan hasil karya perajin untuk dipamerkan dan dijual dalam pameran Ina Craft tersebut. 

Sementara itu Ketua Dekranasda Abdya, Ida Agustina, mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan mutu kualitas perajin di Abdya, khususnya dari Desa Padang Kecamatan Manggeng. Kreativitas mereka, kata Dyah perlu terus untuk didukung sehingga hasil karya mereka bisa menjadi produk unggulan yang dapat bersaing hingga ke mancanegara. 

"Produk UKM punya potensi ekonomi yang tinggi. Kita perlu mendukung kegiatan kreatif ini dan kita akan kembangkan terus," ujar Ida Agustina. [] L24-012 (M. Amin)