Aceh Timur Gelar Pengajian Ulama dan Umara

Lentera24.com | ACEH TIMUR -- Pemerintah Kabupaten Aceh Timur kembali melanjutkan program pengajian rutin bagi ulama dan umara. Kegiatan ini rutin akan dilaksanakan selama sebulan sekali yakni pada minggu awal setiap bulannya.

Foto : Tgk H. Abdul Manan Blang Jreum yang berasal dari Aceh Utara (sorban putih) sedang memberikan materi dalam kegiatan pengajian rutin Ulama dan Umara kabupaten Aceh Timur pada Kamis, 21 Maret 2019 di Masjid Agung Darusalihin Idi (Bag. Humas & Protokol Aceh Timur)
Kegiatan yang sudah berjalan selama empat Tahun ini selalu diisi oleh para tokoh-tokoh agama kharismatik yang berasal dari seluruh Provinsi Aceh.

Menurut sekretaris MPU kabupaten aceh timur, Erizal, SE kegiatan ini sudah memasuki tahun keempat yang dilaksanakan di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur yakni sebulan sekali dan sama seperti tahun-tahun sebelumnya hanya 10 Kecamatan pertahunnya yang mendapat jatah pengajian rutin Ulama dan Umara ini dan untuk tahun berikutnya sepuluh kecamatan lagi sampai dengan 24 Kecamatan mendapat giliran semua.

Untuk Tahun 2019 ini, pengajian ulama dan umara kita awali dari Kecamatan Idi Rayeuk yang bertempat di Masjid Agung Darul Shalihin Idi dengan menghadirkan pemateri pengajian yakni Tgk.H. Abdul Manan Blang jreum Aceh Utara yang membahas mengenai khalimah tauhid dan pengertian serta maknanya.

Adapun maksud serta tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sendiri untuk mendekatkan diri kepada Allah SWTserta lebih mengenal dan mengetahui tentang Islam lebih jauh dan dalam sekaligus mendekatkan hubungan antara para ulama dan umara yang berada di kabupaten aceh timur sebab para ulama merupakan tokoh yang harus dihormati dan disegani yang merupakan orang yang menjadi panutan bagi seluruh ummat termasuk pemerintah sendiri dimana para ulama merupakan pemberi masukan-masukan mengenai tatanan pemerintahan yang sesuai dengan Al-Qu’an dan Hadist agar terhindar dari ketimpangan serta juga dilakukannya sesi tanya jawab dari dari para jamaah yang hadir dengan para pemateri.

Lebih lanjut ia mengatakan yang hadir4 didalam setiap pengajian rutin ini antara lain para Tengku-tengku dayah, masyarakat dan juga unsur pejabat kabupaten Aceh Timur termasuk Unsur Forkompinda seperti Kapolres, Bupati Aceh Timur dal lainnya “pungkasnya. [] L24-012 (M. Amin)
Diberdayakan oleh Blogger.