Peringati HPSN Tahun 2019, Ini Pesan Plt Kadis DLH Aceh Tamiang

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Tamiang, Sayed Mahdi SP MSi MMA, menyampaikan pesan kepada masyarakat Aceh Taming agar peduli terhadap lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. 


Kepala DLH Aceh Tamiang, Sayed Mahdi SP MSi MMA(Kemeja Orange) didampingi Kabid Kebersihan DLH, T Ibnu Iban (Kemeja Biru) | dok -Razzaq

Menurut Sayed Mahdi, sampah saat ini bukan hanya sebatas 'kotoran' yang dibuang ke TPA, namun sampah saat ini harus bisa dikelola menjadi bahan yang bernilai ekonomi.

Selain itu, kata Sayed Mahdi, sesuai UUD No 18 tahun 2008, dimana TPA bukan sebatas tempat pembuangan akhir, namun TPA adalah tempat pemrosesan akhir untuk mengelola sampah menjadi barang bernilai dan dapat juga digunakan sebagai bahan baku untuk menghasilkan berbagai produk.

Disamping itu, Sayed Mahdi juga mengungkapkan, bahwa dengan luas bumi saat ini, tidak sanggup untuk menampung sampah, menurut data yang ada, secara nasional setiap tahun menghasilkan sampai mencapai 150.000 ton. 

"Jika sampah-sampah tersebut tidak disiasati dengan melakukan pengelolaan, maka bukan tidak mungkin suatu saat kita akan tidur diantara sampah-sampah," tegas Sayed Mahdi. 

Oleh sabab itu, Sayed Mahdi mengajak semua pihak harus ambil bagian dalam kepedulian terhadap sampah, mengingat  jika sampah tidak dikelola dengan baik, maka akan berdampak buruk terhadap lingkungan dan kehidupan mahkluk hidup di bumi ini. [] L24-004 (Razzaq) 

Diberdayakan oleh Blogger.