KIP Aceh Tamiang Terima 602.671 Lembar Surat Suara Pemilu 2019

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang menerima logistik Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 berupa kertas surat suara sebanyak 602.671 lembar, yang disalurkan KPU Pusat, Selasa malam (19/02).



Devisi Teknis KIP Aceh Tamiang, Adi Sartika mengatakan, penyaluran itu dikawal ketat pihak kepolisian guna mengantisipasi adanya kecurangan. Kemudian kata Adi Sartika, surat suara tersebut nantinya akan disimpan ke gudang, baru kemudian akan dihitung jumlah yang diterima, apakah sesuai atau tidak dengan data yang tertera di surat pengantar.

“Nanti akan kita simpan dulu baru kemudian kita hitung kembali cukup atau kurang seperti yang dituliskan dalam surat pegantar berjumlah 602.671 lembar surat suara yang dimasukan ke dalam 1.207 box kardus,” ujar Adi Sartika. 

Dijelaskan Adi Sartika, kertas suara yang berjumlah ratusan ribu lembar tersebut dibagi dalam tiga peruntukan yakni, surat suara untuk DPRD tingkat kabupaten/kota, DPRD tingkat provinsi Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh 7 dan DPR RI Dapil Aceh 2 dengan Jumlah box (kotak) per kardus yang diterima KIP sudah sesuai seperti yang diantar.



Untuk DPRD tingkat kabupaten/kota, kata Adi Sartika dibagi dalam 3 Dapil. Diantaranya, Dapil 1 sebanyak (7.4121), Dapil 2 (67.456), dan Dapil 3 (6.1314). Sementara untuk DPRD Provinsi Aceh Dapil Aceh 7 (199.890) lembar surat suara. Dan DPR RI Dapil Aceh 2 (199.890) lembar surat suara. “Jumlah surat suara yang kami terima malam ini sudah termasuk surat suara ulang,” sebutnya.

Dikatakannya, selama proses penyaluran logistik Pemilu, baik saat penurunan dari mobil pengangkut kertas suara dan saat perhitungan ulang nantinya, tetap mendapat pengawalan pihak kepolisian. Bahkan personil kepolisian juga disiagakan di gudang penyimpanan agar dapat menghindari indikasi kecurangan.

"Untuk surat suara Pemilu Presiden dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, saat ini belum di distribusikan, dijadwalkan minggu depan baru di distribuaikan ke KIP," pungkas Adi Sartika. [] L24-004 (Razzaq) 

Diberdayakan oleh Blogger.