Kemenag Aceh Timur Bersama Unsiah dan PPII, Gelar Penulisan Artikel Ilmiah

Lentera24.com | ACEH TIMUR -- Universitas Syiah Kuala bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur dan perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) gelar pelatihan Penulisan artikel ilmiah dan Teknik Submision Kejurjal elektronik bagi guru selama satu Hari penuh .Acara tersebut dilaksanakan di Aula Serbaguna Kantor kemenag Aceh Timur.Senin (25/02).



Hadir sebagai nara sumber Dr. Abdul Gani Haji, M.Si., Mulkan Sidamanik, S.Sos.I., MA, Dr. Abdul Gani Haji, M.Si.dan Taufik, S.Si., M.Si.

PPII dalam sambutannya mengatakan  banyak guru memiliki potensi dalam menulis karya ilmiah. Akan tetapi, akibat kurangnya fasilitasi serta wadah yang menampung tulisan para guru, tradisi menulis di kalangan guru menjadi rendah. Oleh karena itu, PPII melalui kegiatan ini juga akan memfasilitasi wadah karya para guru dengan menerbitkan Jurnal Guru.

Jurnal Guru ini merupakan tahap akhir kegiatan setelah pelatihan penulisan karya ilmiah selesai digelar, dan akan terbit dalam waktu dekat ini. Sebelum diterbitkan, hasil tulisan karya ilmiah akan diseleksi serta para guru yang terseleksi difasilitasi untuk melakukan bimbingan jarak jauh dengan para pakar selama dua bulan. Lima belas artikel siap terbit, akan mengisi edisi pertama Jurnal Guru, dan akan disebarkan dengan sistem print on demand.

“Jika rangkaian kegiatan sukses, kegiatan serupa akan digelar rutin setiap enam bulan. Sehingga, karya ilmiah guru akan terus berproduksi dan terbit di Jurnal Guru setiap semesternya. Pola ini diharapkan mampu menjaga kesinambungan pembinaan para guru juga terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh PPII,” terang Mulkan.

Melalui kegiatan ini, Kasi Pendidikan Madrasah mulkan Sidamanik S.Sos.I MA menargetkan terbangunnya tradisi ilmiah di kalangan guru. Selain itu, potensi kepenulisan ilmiah para guru tergali secara optimal dan good practice pembelajaran otentik para guru terjaring dan tersebarluaskan melalui terbitan ilmiah berkala.

Lebih lanjut mulkan  menjelaskan, rangkaian kegiatan yang digelar PPII ini  selaras dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dalam regulasi ini, tercantum bahwa publikasi ilmiah merupakan salah satu unsur untuk mewujudkan terbentuknya guru yang profesional. Oleh karena itu, penulisan ilmiah bagi guru merupakan sebuah keniscayaan.

“Mulkan berharap kegiatan ini dapat membangun kualitas profesional para pendidik serta terbentuknya tradisi ilmiah dikalangan para guru. Mulkan yakin guru yang terbiasa melakukan penelitian serta dituangkan dalam tulisan ilmiah, sedikit demi sedikit akan membangun pribadi guru yang ilmiah. Oleh karena itu, tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Penulisan artikel ilmiah dan Teknik Submision Kejurjal elektronik bagi guru”, Mulkan mengakhiri. [] L24-012 (M. Amin)
Diberdayakan oleh Blogger.