Ikan Cupang Siam Resmi Dijadikan Hewan Air Nasional Thailand

Lentera24.com | BANGKOK -- Thailand pada Selasa mengumumkan ikan Petarung Siam (Siamese fighting fish) atau yang dikenal juga dengan nama ikan cupang di Indonesia sebagai hewan air nasional negaranya. Ikan yang dikenal sebagai ikan yang garang itu populer sebagai penghias akuarium karena memiliki sirip yang indah.

Foto : Ikan Cupang
Dalam sebuah pernyataan yang dilansir AFP, Rabu (6/2/2019), pemerintah Thailand mengatakan bahwa kabinet telah menyetujui usulan untuk menjadikan “ikan cupang menjadi ikan nasional” karena sejarah dan pentingnya ikan itu bagi Negeri Gajah Putih.

Ikan cupang memunculkan perasaan nostalgia untuk generasi yang lebih tua di Thailand – yang berganti nama dari Siam pada 1939. Mereka ingat saat ikan itu diperdagangkan dan diadu dalam permainan anak-anak.

"Kebanyakan orang Thailand ketika mereka masih muda, terutama di daerah pedesaan, menangkap ikan dari kanal dan kolam," kata Sakda Sihapat, pengurus Galeri Ikan Cupang Siam di Samut Prakhan.

Namun, perubahan jalur air di Thailand yang disebabkan oleh perkembangan pertanian dan pembangunan telah membuat spesies ikan cupang lokal terusir. Saat ini, anak-anak Thailand mungkin hanya pernah melihat ikan cupan Siam di toko binatang peliharaan.

"Kamu harus pergi ke rawa yang benar-benar tak terjamah untuk menemukan ikan ini, dan tidak ada lagi," kata Sakda.

Selain ikan cupang, hewan nasional Thailand adalah gajah. [] OKEZONE.COM
Diberdayakan oleh Blogger.