Belajar Sambil Wisata Tak Kurangi Nilai Ibadah

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Bagi para pelajar, yang namanya ilmu itu bukan hanya bisa didapat dari ruang kelas maupun dilingkungan sekolah tempatnya belajar saja. Namun dari berbagai tempat  dan dalam suasana apapun, ilmu itu bisa diperoleh, tergantung bagaimana cara bagi seseorang itu untuk menyikapi dan mencernanya.

Foto: Pelajar SMP Muhammadiyah Kualasimpang sedang mendengarkan penjelasan tentang spesies
Seperti yang baru dilakukan oleh pelajar SMP Muhammadiyah Kualasimpang Kabupaten Aceh Tamiang, para siswa dimaksud lebih memilih kegiatan study tour sebagai kegiatan pendidikan tambahan di luar kelas yang bertujuan untuk mempelajari proses yang sebenarnya secara langsung di lapangan. Kegiatan study tour ini dilakukan sekali dalam setahun.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Kualasimpang, Muhammad Fatah, MTH kepada Lentera24 menyebutkan, Tour tersebut diadakan karena kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengalaman secara langsung.

"Kegiatan semacam ini kita adakan karena kami sebagai pendidik tidak mungkin mampu dapat menghadirkan setiap peristiwa ke dalam kelas untuk dipelajari dan diamati oleh para siswa," terang Muhammad Fatah.

Foto: Pemberian cenderamata ke Obsvatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
Masih menurut Fatah, study tour yang melibatkan sebanyak 76 siswa dan 9 guru termasuk Kepala Sekolah dimaksud berlangsung pada 11 Februari 2019 kemarin. "Inshaa Allah, study tour ini akan menjadi kegiatan Rutin setiap tahunnya," imbuh Fatah.

Dalam tournya tersebut, pihak sekolah mengajak pelajarnya untuk menikmati suasana dan sejarah yang memiliki hubungan dengan sejarah islam.

"Anak-anak bisa melihat dan belajar langsung dengan alam, supaya mereka dapat melihat serta meresapi isi dari perjalanan tournya, anak-anak bisa merenungkan betapa agungnya Allah yang menciptakan semesta alam beserta isinya," papar Fatah.

Kata Fatah, ada beberapa tempat yang menjadi tujuan selama perjalanan Study Tournya. Dalam perjalanan tour, kegiatan tersebut ini diawali dengan sholat subuh berjamaah di Masjid Azizi Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Selanjutnya para siswa diajak mengunjungi Gallery Rahmat, Istana Maimun dan Observatorium Ilmu falak ( OIF ) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Foto: Guru pendamping kegiatan Study tour
Menurut Muhammad Fatah, Keempat lokasi tersebut menjadi tempat pembelajaran yang paling menyenangkan bagi siswa-siswinya, betapa tidak mereka tidak hanya belajar tentang IPA, IPS dan Astronomi, lebih dari itu, mereka dapat menikmati indahnya panorama yang mungkn baru pertama kali dilihatnya.

"Selain belajar, anak-anak juga bisa bermain, berfoto-foto dan melihat objek-objek yang tidak ditemukan di daerahnya," terang Muhammad Fatah, MTH. [] L24-002
Diberdayakan oleh Blogger.