5 Alasan Kamu Sebaiknya Hapus Foto Mantan di Media Sosial

Lentera24.com | GAYA HIDUP -- Sehabis putus dari pacar, kebanyakan orang langsung menghapus foto sang mantan dari media sosial. Instagram, Facebook, dan Twitter mendadak bersih dari segala memori tentang si dia. 

Foto : Kumparan
Ada banyak selebriti yang ngelakuin hal serupa. Mulai Taylor Swift dan Tom Hiddleston, Selena Gomez dan The Weeknd, hingga Ariana Grande dan Pete Davidson.
Tujuannya sederhana. Yaitu biar lekas move on dan mengumumkan status 'single dan available' ke mata dunia.

Namun, menghapus semua kenangan yang terunggah di media sosial enggaklah semudah yang terlihat. Seringkali malah membuat kamu jadi serba salah karena memancing prasangka yang tidak-tidak. 

"Bagian menyebalkan di media sosial adalah ketika apapun yang kamu unggah jadi konsumsi publik," ujar dr. Jesse Fox, asisten profesor di School of Communication Ohio State University, seperti dilansir Cosmopolitan. 

"Dan semuanya dilihat atau diintepretasikan berbeda oleh setiap orang," sambungnya lagi. 
Saat mayoritas orang bisa dengan mudah menghapus foto mantan dari media sosial miliknya, sebagian justru merasa kesulitan melakukannya. Dalihnya enggak jauh-jauh dari kalimat 'masih cinta' atau 'enggak rela'.

Jika kamu salah satunya, kumparan punya 5 alasan mutlak mengapa kamu harus menghapus foto mantan di media sosial. Bucin wajib baca!

1. Susah move on

Enggak ada faedahnya ngeliatin foto lama mantan yang terpajang manis di feeds Instagram kamu. Yang ada, kamu malah sulit move on karena terus teringat memori indah yang terjadi di masa lalu. 
Dalam studi 'Romantic Partner Monitoring After Breakups' yang dipublikasikan dr. Fox dan Robert S. Tokunaga, stalking mantan di medsos pascaputus membawa dampak negatif pada kondisi psikis.

Seperti memperkuat emosi negatif, meningkatkan nafsu seksual, semakin terobsesi mantan, dan menurunkan personal growth. "Kamu semakin ngebet untuk balikan karena terus-terusan melihat kenangan baik yang terposting di medsos. Kamu terus melihat yang indah-indah sehingga makin susah move on," katanya lagi. 

2. Bikin pacar baru insecure

Mempertahankan foto mantan di media sosial membawa dampak buruk pada hubungan baru. Pasangan kamu bisa merasa terintimidasi dan bertanya-tanya tentang alasan kamu enggan menghapus foto mantan di Instagram. 

Jangan buat hubungan kamu dengan pasangan baru jadi renggang hanya karena foto di medsos.

3. Jadi bahan stalking 

Pernah memikirkan apa kata mantan saat melihat fotonya masih terpajang manis di Instagram atau Facebook kamu?

Bisa-bisa, kamu malah jadi bahan lelucon, gosip, bahkan tertawaan di kalangan teman-temannya. Kamu tentunya enggak mau hal ini terjadi, bukan?

4. Menutup peluang baru 

Orang yang tadinya berniat mendekati kamu juga bisa mundur teratur saat melihat foto kamu bersama mantan masih ada di medsos. Banyak pula yang bisa salah sangka dan mengira kamu masih punya pacar. Duh!

5. Kelihatan ngenes 

Satu lagi alasan mengapa kamu harus menghapus foto mantan di media sosial. Selain jadi bahan stalking, kamu juga bisa dipandang ngenes oleh mantan, teman, dan orang-orang di sekitar kamu. Menyimpan foto mantan di media sosial menyiratkan pesan bahwa kamu belum move on dan menyimpan rasa. [] KUMPARAN
Diberdayakan oleh Blogger.