Yayasan Satucita Lestari Indonesia Dalam Proses Pengamanan Telur Tuntong

Lentera24.com | ACEH TAMIANG --
Kegiatan patroli pantai penyelamatan telur tuntong laut (Batagur borneoensis) pada musim bertelur tahun 2018-2019 yang dilakukan kelompok sadar wisata (pokdarwis) Desa Pusong Kapal dan Pokdarwis Desa Sungai Kuruk Tiga Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang dimulai sejak 1 Desember 2018,
Telur tuntong laut 
Dari data base yang tercatat dirumah informasi tuntong di Desa Pusong Kapal, Rabu (23/1) dijelaskan, telur tuntong laut yang berhasil diamankan oleh pokdarwis selama kegiatan per 1 Desember 2018 hingga 22 Januari 2019 sebanyak 484 butir.

Dari seluruh jumlah telur tuntong yang berhasil diselamatkan tersebut didapat dari 31 sarang (lubang) yang ditemukan dikawasan pantai yang setiap tahunnya pada musim bertelur menjadi tempat bertelurnya para indukan tuntong laut.

Anggota Yayasan Satucita Lestari Indonesia (YSLI), Abdul Hakim dan Abu Bakar Latif di rumah informasi tuntong, Desa Pusong Kapal memaparkan, saat ini seluruh jumlah telur yang diperoleh dan diamankan guna menjalani masa proses pemanasan/ditanam didalam pasir hingga masa tetas yang dipusatkan di Pusong Kapal.

"Ada beberapa area disepanjang pantai ujung tamiang sebagai kawasan lokasi berturnya spesies dari golongan marga kura kura yang sering kita sebut tuntong laut," ungkap Abdul Hakim.

Secara garis besarnya, penemuan telur tuntong tersebut didapatkan kelompok darwis dilokasi pantai pusong putus, Pusong Tengah, Pusong Cium dan Pulau Kecil dibelakang Pusong Cium. [] L24-002
Diberdayakan oleh Blogger.