Warga Bukit Selamat, Sungai Raya Serahkan Tuntong Laut Kepada BKSDA

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Seorang warga Dusun Ganevo, Desa Bukit Selamat, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, Mukhtaruddin (35) telah menyerahkan seekor satwa liar dilindungi, Tuntong Laut (Batagur Borneoensis) kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).


Penyerahan Induk Tuntong Laut dimaksud dilakukan melalui Direktur kebijakan dan pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Hutan Kota Langsa, Iswantara Adinugraha yang diterima langsung Kepala Resort BKSDA Wilayah XII Langsa, Azharuddin yang didampingi Sekretaris Yayasan Satucita Lestari Indonesia (YSLI), Suparmin, Senin (7/1) sore di area RTH Taman Kota Langsa.

Dikonfirmasi Lentera24, Iswantara Adinugraha menyabutkan, spesies langka dilindumgi itu diserahkan oleh penemu kepadanya pada pukul 16.30 WIB, Senin (7/1).

"Sesuai pengakuan Mukhtaruddin, satwa jenis kura-kura ini ditemukan anaknya yang sedang mencari kerang didaerah Sungai Raya," tandas Iswantara.


Iswantara mengatakan, atas penyerahan Tuntong Laut oleh warga Rantau Selamat dimaksud, kemudian Iswantara menghubungi pihak BKSDA yakni Kasi Konservasi Wilayah III Lhokseumawe, Dedi Herfansyah, SP yang dilanjutkan meminta Kepala Resort Wilayah XII Langsa, Azharuddin.

Tidak lama kemudian, Azharuddin bersama Sekretaris Yayasan Satucita Lestari Indonesia, Suparmin menjemput Tuntong Laut yang diserahkan oleh pengelola RTH Taman Kota di Kota Langsa.

Tuntong Laut berjenis kelamin perempuan tersebut oleh BKSDA dan Yayasan Satucita Lestari Indonesia diboyong ke Desa Pusong Kapal, Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang untuk dilepasliarkan kehabitatnya pada malam itu juga. [] L24-002 (Suparmin)
Diberdayakan oleh Blogger.