Wabup Atim Hadiri Pelantikan Pegurus DPD GMPK

Lentera24.com | ACEH TIMUR -- Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul Syamaun hadiri Acara pelantikan Pegurus daerah (DPD) gerakan Masyarakat Perangi korubsi (GMPK) Acara tersebut dilaksanakan diaula Serbaguan Sekdakab Aceh Timur Selasa (22/01).

Foto : Dok. Humas Atim
Dalam kesempatan tersebut Wabup Meyampaikan kepada semua peserta undangan pelantikan 30 DPD GMPK kabupaten kota yang terdiri dari Kabupaten Aceh Timur,Aceh utra,Aceh Besar dan Banda Aceh  di kukuhkan secaralangsung oleh mantan wakil ketua Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen (Pol) Purn Dr Bibit Samad Rianto yang juga menjabat sebagai  ketua Umum DPP GMPK RI.

Ketua DPP GMPK RI, Irjen Pol (Purn) Bibit Samad Riyanto mengatakan, GMPK ini lahir atas keprihatinan masyarakat yang geram atas korupsi di Indonesia. korupsi sudah menggurita dan sangat memprihatinkan, bahkan perilaku korup sudah sampai ditingkat desa.

“Korupsi sudah menjadi hal yang biasa di Indonesia karena di masa penjajahan pun sudah ada, sehingga menjadi penyakit kronis di Indonesia sampai sekarang dan sudah dianggap menjadi kebiasaan, sehingga tidak bisa lagi melihat halal dan haram,” kata bibit Samad Riayanto.

Ia juga mengatakan ada kerawanan korupsi yang harus kita cegah antara lain  Lokasi rawan korupsi (Bea Cukai, Pajak termasuk Dana Desa karena di beberapa daerah ada kepala daerah yang tidak mau didampingi dalam pengelolaan dana desa hal ini sebenarnya salah karena berpeluang terjadinya korupsi. Kami harap teman-teman GMPK ikut dalam pengawasan jalanya pembangunan pemerintahan di daerah,  kepada birokrasi di daerah.

Ia juga menambahkan dengan terbentuknya kepengurusan GNPK yang ada didaerah, diharapkan bisa lebih efektif untuk melakukan pengawasan terhadap perilaku korup dimasing-masing wilayah.

“Korupsi adalah sebuah kejahatan dan korupsi dilakukan karena adanya niat, kesempatan, kemampuan serta adanya sasaran yang dikorupsi termasuk kepala desa yang saat ini telah memiliki sasaran,” imbuhnya.

Bupati Aceh Timur H Hasballah Mthaib dalam hal ini di wakili oleh Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul Syamaun dalam kesempatan yang sama megatakan Kami Atas Nama Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur meyambut baik terbentuk nya pegurus DPD GMPK  kabupaten kota Khusus nya Kabupaten Aceh Timur.

Lebih Lanjut Syahrul mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan pegiat anti korupsi dikabupaten Aceh Timur ini. Dengan terbentuknya pengurus GMPK, diharapkan semangat dan integritas memerangi korupsi bisa terwujud pada masing-masing pengurus.pungkasnya. [] L24-012 (M. Amin)
Diberdayakan oleh Blogger.