Rangkaian HBI ke-69, Imigrasi Langsa Gelar Kegiatan Goes to Campus

Lentera24.com | LANGSA -- Kantor Imigrasi Kelas II Langsa melakukan silaturrahmi sekaligus mensosialisakan tentang ke Imigrasian kepada para mahasiswa dalam program Immigration Goes to Campus, di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, Rabu (23/01).


Kepala Imigrasi Kelas II TPI Kota Langsa, Mirza Akbar M Si dalam arahannya dihadapan ratusan mahasiswa dan dosen IAIN Langsa mengatakan, kegiatan Imigrasi goes to campus ini dengan mengusung tema, Imigrasi Pasti Aktual, merupakan rangkaian dari agenda Hari Bakti Imigrasi ke 69.

Lanjutnya, agenda utama dalam goes to campus ini adalah silaturrahmi serta mensosialisasikan tentang keimigrasian kepada mahasiswa dan dosen. Selain itu agar para mahasiswa juga bisa memahami dan mengetahui tentang tugas-tugas pokok Imigrasi dan apa itu imigrasi.


"Supaya masyarakat kampus tahu, bahwa tugas Imigrasi bukan hanya melayani pembuatan paspor, tapi juga memiliki tanggungjawab untuk melakukan pengawasan lalulintas antar negara demi keamanan. Juga mengawasi migrasi orang-orang antar negara baik dari luar ke dalam ataupun sebaliknya," sebut Mirza.

Dijelaskannya, dalam pelayanan keimigrasian, seperti layanan paspor, ada beberapa standar persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu bukti identitas diri atau akte kelahiran, ijazah pendidikan dan kartu keluarga. Selain itu juga untuk kasus tertentu, ada beberapa persyaratan tambahan lainnya yang harus disiapkan oleh masyarakat.


Dalam menjalankan fungsi keimigrasian dibidang pelayanan publik, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa senantiasa mengaplikasikan inovasi-inovasi terbaru guna menyesuaikan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat termasuk mengimplementasikan aplikasi antrian paspor secara online. Begitupun dengan aspek pengawasan,” ujarnya.

Selain mensosialisasikan tentang keimigrasian, dalam rangka Hari Bakti Imigrasi 69 ini, Imigrasi Langsa juga melakukan penandatanganan MoU dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri Langsa. Kita berharap semoga kerjasama ini terus berlanjut dan membangun silaturahmi antar lembaga, harap Mirza. [] L24-004 (Razzaq)

Diberdayakan oleh Blogger.