Meski Juara, Pebalap Uzbekistan Ini Gugup di Asian Track Cycling Pertamanya

Lentera24.com | SPORTS -- Pebalap sepeda putri Olga Zabelinskaya bangga bukan main bisa juara di Asian Track Cycling Championship (ACC) 2019. Pasalnya ini adalah penampilan perdananya.

Foto : Detiknews
Olga asal Uzbekistan meraih medali emas di nomor balapan point race usai meraih poin 70 poin (10 lap/sprint) di lintasan trek Velodrome, Rawamangun, Rabu (9/1/2019).

Peraih medali perunggu Olimpiade 2012 mengungguli wakil Taiwan Huang Ting Ying dan wakil China Zhang Ying yang masing-masing mengumpulkan 22 dan 15 poin.

"Ini Asian Track Championship pertama saya, saya cukup grogi, karena saya belum pernah berkompetisi di sini. Tapi tak apa-apa, saya bisa menjalani balapan dengan baik," ujar Olga usai pengalungan medali.

"Saya hanya ingin meraih kemenangan dan saya yakin semua menginginkan hal yang sama. Jadi saya melakukan tugas sebaik mungkin saja," dia menambahkan.

Olga sendiri merupakan atlet Rusia. Dia lebih sering turun nomor balapan road race. Namun, kasus doping yang menimpa atlet-atlet Rusia pada Olimpiade Musim Dingin 2014 Sochi, membuat dirinya cemas.

Pebalap berusia 38 tahun ini khawatir mimpinya untuk tampil kembali di Olimpiade 2020 Tokyo bakal sulit. Alasan itu lah yang akhirnya membuat dia pindah kewarganegaraan menjadi Uzbekistan dan menjajal nomor balapan lain.

ACC 2019 ini pun menjadi jalan dia untuk menuju Olimpiade. "Saya ikut semua nomor. Balapan masih ada beberapa hari lagi. Pastinya lawan-lawan sudah mengetahui taktik saya. Pastinya jadi lebih sulit buat saya, dan menjadi lebih mudah bagi mereka. Jadi saya harus melakukan yang terbaik." [] DETIKNEWS
Diberdayakan oleh Blogger.