Menjemur Pakaian di Dalam Rumah Berbahaya bagi Kesehatan?

Lentera24.com | KESEHATAN -- Musim penghujan sudah akan tiba. Hujan dengan intensitas banyak dalam jangka waktu yang lama tentu berdampak pada beberapa aktivitas harian. Salah satunya adalah aktivitas menjemur pakaian.


Saat hujan, pakaian basah akan sulit kering karena matahari tidak bersinar. Tapi, jika tidak dijemur pakaian akan menjadi bau dan berjamur. Hal inilah yang membuat kita terpaksa menjemur pakaian di dalam ruangan rumah.

Tapi, tahukah Anda menjemur pakaian di dalam ruangan rumah sangat berbahaya untuk kesehatan? Jangan lewatkan pembahasannya bersama dr Rita Khairani, MKes,SpP dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, pukul 13.00-14.00 WIB.

Namun sebelum membahas soal itu, akan lebih dahulu dibahas mengenai cuka. Cuka atau vinegar berasal dari bahasa Prancis, vin aigre, yang berarti anggur asam (sour wine). Cuka juga memiliki nama lain, yakni asam asetat atau asam cuka, yang berupa senyawa kimia asam organik yang dikenal sebagai pemberi asam dalam masakan.

Bahan pangan hasil fermentasi ini sudah dipakai sebagai bumbu masak sejak 3.000 SM di Mesopotamia. Saat itu, sekitar 40 persen dari total panen gandum digunakan untuk pembuatan cuka.

Rasa cuka yang masam dapat memberikan sensasi rasa segar pada makanan, tapi di balik segarnya rasa cuka banyak informasi yang beredar jika konsumsi makanan yang banyak menggunakan cuka dapat menyebabkan masalah kesehatan. Misalnya, kerusakan pada gigi, asam lambung meningkat, diare, dan menghambat fungsi jantung.

Selain sebagai bahan masakan, kandungan asam pada cuka juga diklaim ampuh untuk membersihkan perabotan rumah tangga, benarkah? Simak pembahasan selengkapnya bersama dr Ida Gunawan M.S, SpGK. [] VIVA.CO.ID

Diberdayakan oleh Blogger.