KIP Aceh Tamiang Kukuhkan Dan Bimtek Relawan Demokrasi

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang  melakukan pengukuhan terhadap 55 relawan demokrasi (Relasi) di Aula Arya Hotel Karang Baru, Sabtu (26/01/18).


Pengukuhan Relasi itu dipimpin Ketua KIP Aceh Tamiang , Ishak  Ibrahim dengan  jumlah relawan demokrasi yang dilantik itu, tercatat 25 laki-laki dan 30 wanita.

"Dibentuknya relawan demokrasi untuk meningkatkan kualitas pada saat pelaksanaan pemilu nanti. Juga meningkatkan partisipasi pemilih dan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi di daerah kita," kata Ketua KIP Aceh Tamiang, Iahak  Ibrahim kepada media ini, Sabtu (26/01) sembari  menambahkan dari  55  Relawan  Demokrasi  hasil  rekrutan  ini  hampir  55 % adalah  perempuan.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KIP Aceh  Tamiang , M. Khualied menyebutkan, relawan demokrasi yang dikukuhkan ini  akan  mengikuti Bimtek  training of trainer, agar relawan demokrasi mampu memahami pelaksaan pemilu yang merupakan pesta demokrasi untuk memilih caleg dan capres serta cawapres.

"Relawan demokrasi harus  mengetahui fungsi dan tugasnya serta kode etik mereka dalam menjalankan tugasnya" jelasnya.

Khualid, menambahkan, dengan digelarnya training of trainer, relawan demokrasi sedianya mampu berperan aktif meningkatkan partisipasi pemilih dengan sasaran kelompok keluarga, pemilih pemula, pemilih perempuan, distabilitas, berkebutuhan khusus, kelompok marginal, komunitas dan warganet.

"Bimbingan tahap pertama ini dilaksanakan satu hari, dan nantinya akan dilakukan rapat koordinasi (rakor) untuk memaksimalkan kerja relawan demokrasi dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih," ungkapnya. [] L24--ERWAN

Diberdayakan oleh Blogger.