Hati-hati Tautan Mencurigakan di WhatsApp, Jangan Asal Klik

Lentera24.com | TEKNOLOGI -- WhatsApp telah menjadi platform komunikasi obrolan favorit bagi pengguna internet di dunia. Ragam pesan dikirimkan antarpengguna, mulai dari informasi, berbagi kisah sampai pesan sampah pun ada. 

Foto : Viva.co.id
Selain pesan sampah, pengguna WhatsApp pada saat ini sudah akrab dengan kebiasaan berbagi tautan. 

Nah kebiasaan mengklik tautan di pesan WhatsApp memang menawarkan kemudahan. Pengguna tak perlu lagi mencari sumber informasi yang dicari saja, cukup klik tautan yang muncul di pesan WhatsApp, selesai perkara. 

Nah, WhatsApp mengingatkan penggunanya untuk teliti dan waspada dengan tautan yang masuk ke kontak pesannya. WhatsApp mengingatkan ada potensi tautan mencurigakan yang bisa merugikan pengguna. 

"WhatsApp memeriksa secara otomatis untuk menentukan apakah tautan mencurigakan atau tidak. Untuk melindungi privasi Anda, pemeriksaan ini seluruhnya dilakukan pada perangkat Anda, dan oleh karena enkripsi end-to-end, WhatsApp tidak dapat melihat konten pesan Anda,” tulis WhatsApp.

Untuk membantu pengguna mengidentifikasi tautan yang mencurigakan, WhatsApp memberikan beberapa tips sebagai berikut sebagai dikutip dari laman WhatsApp, Sabtu 5 Januari 2019: 

Cek lagi kombinasi karakter tautan

Cara ini adalah hal yang mudah dilakukan oleh pengguna, asal mau cermat. Ketika mendapatkan tautan, cek saja apakah mengandung kombinasi karakter yang tidak umum

Jangan asal ketuk 

Spammer pun bekerja dengan profesional. Dalam menyebarkan tautan mencurigakan, spammer mengombinasikan. Spammer mungkin menggunakan kombinasi karakter ini untuk memperdayai Anda agar Anda mengetuk tautan yang sepertinya akan membuka situs web yang sah, tetapi sebenarnya akan membawa Anda ke situs yang berbahaya. 

Jangan bosan cek sekali lagi

Ketika menerima tautan, tinjau konten pesan dengan hati-hati. Jika tautan ditandai sebagai tautan yang mencurigakan, Anda dapat mengetuk tautan tersebut dan pesan pop-up akan muncul, menyoroti karakter yang tidak umum di dalam tautan tersebut. Kemudian Anda dapat memilih untuk membuka tautan tersebut atau kembali ke obrolan.

WhatsApp memberikan contoh tautan yang masuk kategori mencurigakan. Dalam mengidentifikasi pesan ini, memang harus cermat betul. Cobalah lihat tautan berikut:                                            

https://?hatsapp.com/tiket-gratis. 

Apakah ada yang mencurigakan? rasanya tidak. Tapi sebenarnya tautan tersebut mencurigakan namun tersembunyi. 

"Karakter pertama tampak seperti huruf 'w', tetapi sebenarnya ini adalah karakter '?', yang berarti spammer mungkin telah memperdayai Anda untuk masuk ke situs web yang sebenarnya tidak berhubungan dengan WhatsApp." [] VIVA.CO.ID
Diberdayakan oleh Blogger.