Daerah Terpencil, Rencana Menjadi Sasaran TMMD Kodim Cilacap

Lentera24.com | CILACAP -- TNI AD memprioritaskan pembangunan yang berdasarkan usulan masyarakat di desa terpencil  dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Rencananya, Kodim 0703/Cilacap bakal terlibat untuk mengawal program TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun Anggaran 2019 di Dusun Ciperahu, Desa Dayeuhluhur,  Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap pada bulan Pebruari mendatang.


Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr.,(Han) melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Marjono mengatakan, Pemilihan wilayah sudah melaui proses survei. Sementara kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap bertujuan untuk membangun infrastruktur agar memicu masyarakat pedesaan semakin produktif.

"Itu sasaran dan kajian yang dibutuhkan masyarakat. Jalan yang dibuat jalan produksi, itu dibutuhkan. Itu kita survei untuk diajukan program TMMD dan dimasukan ke pemerintah daerah," ujar Kapten Marjono, Minggu (20/01).

Adapun program yang akan  berjalan ini, menyasar kawasan yang tak bisa dijangkau oleh pemerintah daerah. Dalam pembangunan jalan makadam rencananya membuat jalan baru dengan membelah hutan pinus sepanjang 1100 meter  dan akan dilakukan secara gotong - royong oleh TNI, Polri,  Pemerintah daerah dan masyarakat daerah itu.

Selain itu, desa yang menjadi  prioritas, daerah bencana. "Daerah pilihannya yang memang butuh. Daerah terisolir yang kumuh dan memang perlu infrastruktur yang memang  penting," tandasnya.

Menurut Teknisi, Serda Basuki anggota Staf Teritorial Kodim 0703/Cilacap, yang berada di lokasi Dusun Ciperahu Desa  Dayeuhluhur, pembukaan akses jalan yang akan dilakukan TMMD mendatang adalah membuka jalan baru sepanjang 1100 meter yang menembus jalan desa Dayeuhluhur dengan Desa Tambaksari yang mengisolasi dusun Ciperahu.

Harapannya, masyarakat termotivasi dan dapat pembukaan jalan tembus, jalan desa dengan jalan kecamatan  yang mengisolasi Dusun Ciperahu selama kemerdekaan Indonesia," ujar dia, saat berada  dilokasi Dusun Ciperahu, Desa Dayeuhluhur.

Sambung Basuki, selain  rencana kegiatan fisik pembangunan jalan makadam sepanjang 1100 meter juga akan membangun gorong - gorong sebanyak 3 unit, MCK 2 unit dan RTLH sebanyak 20 unit, dan juga banyak kegiatan non fisik lainya yang akan diperuntukan warga Desa Dayeuhluhur." Imbuhnya. [] L24-015 (Tarwan)
Diberdayakan oleh Blogger.