Babinsa Mulyadadi Bersama Petani Bersihkan Gulma

Lentera24.com | CILACAP -- Dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan, anggota TNI dari Koramil 11/Sidareja, Kodim 0703/Cilacap melalui para  Babinsa melaksanakan kegiatan pendampingan terhadap petani dan kelompok tani yang ada di wilayah binaan.



Seperti yang dilakukan Babinsa Mulyadadi Pelda Sugita  mendampingi petani merawat tanaman padi di lahan seluas 0,6 hektar, milik Silam Sri Rejeki desa Mulyadadi, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Sabtu (04/01).

Di lahan yang ditanami jenis padi varietas Ciherang berumur 2,5 bulan ini, perawatan tanaman padi menyasar pembersihan gulma dan rumput liar yang tumbuh di rumpun maupun sela-sela tanaman padi.

Saat di lokasi kegiatan Pelda Sugita menuturkan, gulma atau rumput liar ini harus dibersihkan secara berkala baik secara manual, dengan menggunakan alat atau semi mekanis atau dibasmi menggunakan herbisida.  

"Bila gulma dibiarkan tumbuh maka akan menghalangi dan menghambat penyerapan sinar matahari, unsur hara dan air sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman padi. Selain membersihkan gulma, juga dilakukan pendistribusian pupuk dan benih dari pemerintah oleh Babinsa." Terangnya.

Pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian upaya khusus ketahanan pangan dalam mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan di wilayah.

Kehadiran Babinsa di tengah-tengah petani harus memiliki manfaat atau nilai tambah, paling tidak mampu mengajak dan memotivasi para petani untuk lebih meningkatkan produktifitas pertanian.  Bila hasil panen meningkat maka pencapaian swasembada pangan yang ditargetkan akan tercapai dan dengan sendirinya pendapatan petani akan bertambah. [] L24-015 (Tarwan)
Diberdayakan oleh Blogger.