Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu, KIP Atam Gelar Kursus Kepemiluan

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Dalam upaya meningkatkan partsisipasi masyarakat dalam pemilihan umum serentak tahun 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Kursus Kepemiluan yang berlangsung di Aula  Media Center KIP setempat, Kamis 27/12/2018.


Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat M.  Khualid kepada Lentera24.com menjelaskan, kursus pemilu dilaksanakan sebagai langkah untuk meningkatkan  partisipasi  pemilih dalam menggunakan hak pilihnya serta untuk  penyebarluasan informasi terkait pelaksanaan pelaksanaan pemilu mendatang. 

“Peserta kita harap bisa menjadi agen dalam penyebarluasan informasi ditengah-tengah masyarakat. Kita harapkan menjadi agen agen demokrasi untuk menyiarkan kepada masyarakat agar berpartisipasi dalam pemilu terutama menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 mendatang.” sebutnya

Khualid menambahkan kegiatan  Kursus  Kepemiluan ini bertemakan ' Menegakkan Kedaulatan Pemilih serta Tanggungjawab, hak dan kewajiban secara demokratis yang diikuti oleh perwakilan  dari 12 kecamatan  dalam Kabupaten  Aceh  Tamiang. 

Menurutnya kursus kepemiluan sangat dibutuhkan karena seluruh elemen bangsa punya tanggungjawab dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu.

" Kita ingin sukses pemilu terjadi di setiap lapisan, baik di tataran pemerintahan, penyelenggara, pengawas, peserta maupun masyarakat yang akan menentukan pilihan sesuai dengan asas yang dilengkapi dengan aturan perundangan" ungkapnya. 

Menurutnya keterlibatan masyarakat atau kelompok dalam penyelenggaraan pemilu sangat menentukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Setiap individu harus menyadari 1 suara yang dimiliki sangat berharga dalam menentukan keberlangsungan pemerintahan dan pembangunan kedepannya,” sebutnya sembari menambahkan kesadaran seperti itu, harus dimiliki setiap bagian masyarakat. Sehingga muncul kepedulian dan terlibat dalam setiap tahapan pemilu, sehingga tercipta pemilu yang ideal. 

Kegiatan  Kursus  Kepemiluan tersebut  dengan  materi  Hak Sebagai Pemilih Pada Pemilu disampaikan  oleh Kemalawati,  MA mantan anggota  Komisioner  KIP Aceh Tamiang, materi Partisipasi  Masyarakat  Pada Pemiku disampaikan  oleh Indra Kurnia, SE mantan Komisioner  Panwaslu Kabupaten  Aceh  Tamiang  dan materi terakhir yaitu Menegakkan Demokrasi  dan Kedaulatan  Pemilih disampaikan  oleh  Tim Komisioner  KIP Aceh  Tamiang. [] L24-004 (Razzaq)

Diberdayakan oleh Blogger.