Puluhan Rumah Warga Desa Tenggulun Aceh Tamiang Kembali Direndam Banjir

Lentera24.com |  ACEH TAMIANG -- Kampung (Desa) Tenggulun Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh kembali dikepung banjir pasca hujan lebat yang mengguyur kawasan hulu sungai didaerah itu. Dikabarkan, hujan lebat terjadi sejak Jumat (27/12) sore hingga malam hari. Dampak dari curah hujan yang yang berlangsung hingga beberapa jam tersebut, menyebabkan debit sungai Rengas, Tenggulun dan Sikundur banjir sehingga daerah aliran sungai (DAS) besar Tenggulun yang membelah ditengah desa itu tidak lagi sanggup menampungnya.


Akhirnya air sungai meluap dan melimpah hingga keprmukiman penduduk dan menggenangi lahan pertanian dan kebun rakyat disejumlah dusun. Informasi dihimpun Lentera24, puluhan rumah penduduk terendam air banjir mencapai ketinggian sebatas lutut hingga pingga pinggang manusia dewasa.

“Memang kampung kami ini boleh dibilang sebagai kampung langganan banjir. Tapi sejak beberapa kali banjir terjadi pada tahun ini, hanya inilah yang merupakan banjir terdalam yang sampai merendam banyak rumah warga,” ungkap Anto warga setempat.


Diceritakan, banjir dimaksud telah merendam hunian warga di Dusun, Suka Damai, Suka Mulia, Suka Maju, Sumberjo dan Adil Makmur. Meskipun tidak ada laporan yang menyebutkan adanya korban jiwa, namun dampak lain dari banjir tersebut, puluhan orang terpaksa harus mengevakuasi diri dengan mengungsi kelokasi yang dianggap aman, 


terutama dirumah-rumah penduduk yang tidak terkena imbas luapan air sungai.
Dikabarkan pula, Sabtu (29/12), air sudah merangkak menggenangi badan jalan menuju Desa Rongoh Kecamatan Tamiang Hulu. Banjir dimaksud juga telah menggenang disalah satu dusun di Desa Simpang Kiri, terutama dikawasan jalan Kermal Dusun Sisirau. [] L24-002


Diberdayakan oleh Blogger.