Pelda Slamet Widada : Tak Hanya Tikus Kantor yang Harus Dibasmi

Lentera24.com | CILACAP -- "Tak hanya tikus kantor yang perlu dibasmi, hama tikus di areal pesawahan juga harus dihabisi karena sangat merugikan petani, " ucap Pelda Slamet Widada di sela-sela kegiatan Gropyok Tikus. Minggu (16/12).


Anggota kelompok tani Tunas Makmur dipimpin oleh Pelda Slamet Widada, Babinsa Desa Sidamulya, Koramil 11/Sidareja, Kodim 0703/Cilacap melaksanakan perburuan tikus di areal pesawahan Desa Sidamulya.

"Pelaksanaan Gropyok Tikus ini merupakan pendampingan Babinsa kepada petani, dalam rangka  upaya kusus Swasembada pangan padi, jagung dan kedelai," tutur Pelda Slamet Widada.


"Tak hanya tikus-tikus yang berada diperkantoran yang harus dibasmi, hama tikus di sawah juga merupakan musuh petani yang wajib dihabisi, dengan pelaksanaan gropyok tikus setidaknya mengurangi populasi hewan pengerat ini," tambah Pelda Widada.

"Petani juga di harapkan menanam padi secara serentak pada musim tanam 1, sehingga akan mengurangi dampak serangan hama terutama tikus," harap Widada

Hal senada juga di sampaikan oleh Ketua Koordinator PPL Sidareja Yusuf Irianto," Petani harus kompak bersama-sama secara serentak dalam menebar benih maupun dalam penananam padi untuk mengurangi risiko hama tikus maupun hama lainnya,"

Dikesempatan yang sama Kepala Desa Sidamulya Takim, sangat mengapresiasi kinerja Babinsa yang selalu aktif dalam setiap kegiatan yang ada di Desa Sidamulya.

"Dengan kehadiran TNI masyarakat lebih giat dan semangat, terimakasih pak Babinsa," ucap Kepala Desa Sidamulya. [] L24-015 (Tarwan)
Diberdayakan oleh Blogger.