Koramil 01/Kota Cilacap Latih Simulasi Penanganan Bencana Kepada Siswa SMK dr. Sutomo

Lentera24.com | CILACAP -- Gempa.........!!! suara teriakan ratusan siswa dan guru tiba-tiba menngagetkan di tengah suasana belajar di SMK dr. Sutomo Cilacap.


Mereka berlarian ketakutan sambil menutup kepala mereka buku, tas atau benda-benda seadanya menuju ke titik kumpul di lapangan. Ada pula yang berlindung di bawah kursi dan meja.

"Begitulah gambaran simulasi bencana yang diadakan Forkompincam Cilacap Selatan dan PMI Kabupaten Cilacap di SMK dr. Sutomo Cilacap. Simulasi yang diikuti oleh ratusan siswa SMK dr. Sutomo Cilacap itu bertujuan meningkatkan kesigapan sekolah dalam menghadapi bencana gempa bumi." Kata Serma Puryanto salah satu anggota dari Koramil 01/Kota Cilacap.

Menurutnya, dalam simulasi tersebut, para peserta dilatih cara mengantisipasi bencana bumi dengan benar oleh tim dari Koramil 01/Kota Cilacap. Misalnya, jika terjadi gempa bumi dan tsunami mereka diimbau untuk tidak panik.

Sebaliknya mereka harus segera menyelamatkan diri ke tanah lapang. Jika sedang berada di ruangan, segera berlindung di bawah kursi, meja atau tempat yang aman lainnya. Saat berlari, lindungi kepala dengan benda-benda yang sekira aman, seperti tas atau buku.

"Setelah simulasi ini diharapkan peserta mampu memberikan pertolongan kepada dirinya sendiri, masyarakat di sekitarnya serta mampu berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak-pihak yang terlibat langsung dengan penanggulanagan bencana," tandas Puryanto. [] L24-015 (Tarwan)
Diberdayakan oleh Blogger.