Dinas Registrasi Penduduk Layani Perekaman dan Cetak KTP Langsung

Lentera24.com | BANDA ACEH -- Pemerintah Aceh melalui Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA) mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) pada selasa (18/12/2018) di Anjong Mon Mata Banda Aceh. Masyarakat juga akan mendapatkan pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-elektonik dan dokumen kependudukan lainnya selama tiga hari mulai 17 sampai 19 Desember di Gedung Sultan Selim II Banda Aceh.

Foto : Ilustrasi
“Masyarakat, siapa saja baik dari Aceh dan luar Aceh seperti mahasiswa luar yang sedang belajar di Aceh dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el secara langsung,” kata Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh, Drs. Teuku Syarbaini dalam konferensi pers bersama sejumlah wartawan di Kantor Dinas Registrasi Kependudukan Aceh, Rabu (12/12/2018).

Syarbaini menyampaikan, pada event Gisa ini, Masyarakat Aceh termasuk masyarakat luar domisili Tanah Rencong dapat melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Kematian serta dokumen kependudukan lainnya.

“Semua pelayanan yang diberikan tidak memungut biaya, pelayanannya juga mudah dan cepat karena akan disediakan beberapa counter pelayanan, masyarakat cukup datang dan bawa KK saja,” ujar Syarbaini.

Syarbaini menghimbau masyarakat di Banda Aceh, Aceh Besar dan masyarakat luar domisili Aceh agar datang dan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melengkapi dokumen kependudukan. Siswa SMA sederajat juga dapat hadir ke arena pencanangan GISA, mereka merupakan pemula mendapatkan KTP karena sudah berusia 17 tahun, atau sampai dengan 17 April 2019 akan berusia 17 tahun yang merupakan usia wajib KTP.

“KTP-el menjadi persyaratan wajib menuju ke titik-titik TPS guna menyukseskan Pemilu, makanya, kesempatan GISA Aceh 2018 ini, semestinya dimanfaatkan masyarakat luas secara maksimal,” ujar Syarbaini.

Syarbaini menargetkan pelayanan kepada sekitar 3000 orang. Untuk mengantisipasi memblukdaknya animo masyarakat. Event GISA akan diback-up oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri, Disdukcapil Banda Aceh, Aceh Besar baik dari sisi alat-alat perekaman, blanko KTP dan dokumen kependudukan lainnya maupun tim teknis.

Adapun puncak kegiatan pencanangan GISA akan dilakukan oleh Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arief Fakhrullah yang akan dihadiri oleh sekitar 500 undangan yang terdiri dari Dirjen Dukcapil dan jajaran, Forkopimda, DPRA, para Rektor, Bupati/Walikota, SKPA, Kadisdukcapil Kab/Kota, Instansi vertikal,  perbankan, dunai usaha, camat dan geuchiek di Banda Aceh dan Aceh Besar, pemuka agama dan tokok masyarakat, unsur LSM dan unsur lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Syarbaini juga menyampaikan bahwa data Kependudukan Masyarakat Aceh berdasarkan data semester satu atau per 30 Juni, berjumlah 5,227,034. Dari jumlah tersebut, yang wajib memiliki KTP berjumlah 3,595,593. Adapun yang sudah merekam KTP sebanyak 3,376,021, sedangkan yang sudah mencetak KTP Sebanyak 3,219,879.  Dan yang sudah wajib KTP dan belum merekam dan mencetak sebanyak 219,572. [] L24-012 (M. Amin)

Diberdayakan oleh Blogger.