Babinsa Surusunda Koramil Karangpucung Serahkan 4.800 Pohon dari Dishut

Lentera24.com | CILACAP -  Babinsa desa Surusunda, Koramil 15/Karangpucung, Serka Moch. Ismail membantu penghijauan di wilayah binaanya.



Bantuan bibit pohon sebanyak 4.800 pohon dari Dinas Kehutanan Cilacap diserahkan oleh Babinsa setempat, yang diterima oleh Saryo Murjiyono  Ketua kelompok tani desa Surusunda, Senin (17/12).

Dari 4.800 bibit pohon diantaranya, bibit pohon Picung 1250 batang, bibit pohon Pala 1250 batang, bibit pohon  Manggis 1700 batang dan bibit pohon Aren sebanyak 600 batang.

"Penanaman pohon  dilaksanakan guna mencegah lahan gundul dan terjadinya tanah longsor di wilayah yang letaknya di desa Surusunda. Bencana longsor bisa kapan saja terjadi, apalagi situasi dan kondisi saat ini, yang mulai masuk musim penghujan.

Hujan turun dengan intensitas  yang cukup tinggi sehingga perlu adanya penanggulangan agar tidak terjadi tanah longsor.

"Perlu program penghijauan karena daerah Surusunda  tergolong sering terjadi bencana tanah longsor," kata Babinsa Surusunda Sertu Moch. Ismail.

Ketua Kelompok Tani desa Surusunda Saryo Murjiyono  mengaku sangat berterimakasih kepada anggota Babinsa Koramil Karangpucung  yang sudah peduli membantu memberikan bibit pohon. Rencananya bibit pohon tersebut akan ditanam bersama masyarakat dengan kerjabakti.

"Mudah-mudah berkat bantuan bibit pohon ini bisa mencegah terjadinya tanah longsor," tutur Saryo.

Ditempat terpisah, Danramil 15/ Karangpucung Kapten Inf Yusuf Subagyo berharap dengan ada pemberian bibit pohon dari Dinas Kehutanan ini, bisa menjadi motivasi kepada warga masyarakat agar ikut mendukung kegiatan penghijauan guna mencegah tanah longsor serta melaksanakan reboisasi.

"Diharapkan warga akan lebih termotivasi menjaga lingkungan agar bencana longsor tidak pernah terjadi di wilayah binaan Koramil Karangpucung," tandas Danramil. [] L24-015 (Tarwan)
Diberdayakan oleh Blogger.