HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Babinsa Koramil Maos Turun ke Sawah Bersihkan Gulma

Lentera 24.com | CILACAP -- Bintara Pembina Desa (Babinsa) desa Sidasari, Koramil 07/Maos jajaran Kodim 0703/Cilacap, Sertu Marhadi melakuk...

Lentera24.com | CILACAP -- Bintara Pembina Desa (Babinsa) desa Sidasari, Koramil 07/Maos jajaran Kodim 0703/Cilacap, Sertu Marhadi melakukan pendampingan turun kesawah bantu bersihkan Gulma yang ada di tanaman padi. Membersihkan gulma (hama tanaman) rumput salah satunya di lahan kelompok tani Keong Aji seluas 1 hektar yang di ketuai oleh  Supratno.


Danramil 07/Kroya Kapten Inf Joko Yunanto dalam rilisnya menjelaskan, gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil panen yang tinggi dalam budidaya padi sawah.

"Persaingan gulma dengan padi dalam masa pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen," terang Kapten Inf Joko Yunanto, Rabu (26/12).

Menurutnya, adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, maka dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya akan berdampak tidak bagus pada pertumbuhan padi.

Selain itu, ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga bila dibiarkan dan tanpa dikendalikan, maka kerugian akan melanda petani.

"Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun secara kimiawi dengan penggunaan herbisida," pungkasnya. [] L24-015 (Tarwan)