Babinsa Berikan Pelatihan Persemaian Padi dengan Sistem Trasplanter

Lentera24.com | CILACAP - Guna mendukung program pemerintah dalam  mensukseskan swasembada pangan serta untuk meningkatkan pengetahuan dan merubah pola pikir petani,  Babinsa Koramil 04/Binangun, Kodim 0703/Cilacap Pelda Darmawan bersama PPL Pertanian mengadakan pelatihan persemaian menggunakan sistim transplanter. 


Persemaian sistim ini adalah persemaian yang dipersiapkan untuk tanam padi dengan cara modern yaitu, tanam padi menggunakan mesin transplanter." Ujar Pelda Darmawan saat memberikan pelatihan di rumah Kepala Desa Alangamba, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap,Selasa (18/12/2018).

Kegiatan diikuti Ketua Gapoktan Desa Alangamba Rahmat Solehan, para ketua kelompok tani Desa Alangamba, perwakilan anggota kelompok tani serta perangkat Desa Alangamba.

Menurut PPL  Pertanian kecamatan Binangun Tujar menyampaikan, Hal ini dipandang sangat penting mengingat lima atau sepuluh tahun kedepan kita akan sulit untuk mencari generasi buruh tanam (tandur). Rata-rata usia para buruh tanam saat ini mencapai umur 40 - 50 tahun,  sedangkan anak - anak sekarang lebih menyukai untuk  merantau keluar negeri menjadi TKW," ungkap Tujar.

Dalam kesempatan yang sama,  Babinsa Desa Alangamba Pelda Darmawan mengatakan, "Ilmu itu penting, tekhnologi juga sangat penting, tapi yang lebih  penting merubah pola pikir petani. Dari pola pikir tradisional ke pola pikir yang lebih modern. Sebab mau tidak mau, kita harus menggunakan tehnologi terapan yang lebih modern untuk menghadapi tantangan lima atau sepuluh tahun kedepan. Agar petani kita tidak tertinggal dengan negara negara lain. 

"Menggunkan pengetahuan dan teknologi yang lebih modern dapat menekan biaya operasional dan meningkatkan penghasilan para petani, maka petani akan lebih sejahtera," tutur Pelda Darmawan. [] L24-015 (Tarwan)

Diberdayakan oleh Blogger.