Puluhan Kader Posyandu Ikut Pelatihan

Lentera24.com | ACEH TIMUR -- Puluhan Kader Posyandu mengikuti Pelatihan dan Penguatan Dalam Pendampingan Ibu Hamil Dan Pemanfaatan Buku KIA Tahun 2018 di Aula Kantor Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur di Idi Rayeuk, Selasa (13/11/2018).

Foto : Dok. Humas & Protokoler Prov. Aceh Timur
Kegiatan itu dibuka oleh Wakil Ketua TP-PKK Aceh, Dr. Ir. Diah Erti Idawati MT. Acara pelatihan dan penguatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan rangkaian Rapat Kerja (Raker) Dekranas Se-Aceh yang dilaksanakan di Kabupaten Aceh Timur.

Dalam arahannya, Dr. Ir. Diah Erti Idawati, MT, mengatakan, kader posyandu adalah salah satu unsur yang sangat berperan dalam penurunan Angka Kematian Ibu.

Kerjasama yang baik antara kader posyandu dengan Tim PKK di desa dan sektor terkait maka diyakini kedepan mampu mewujudkan keluarga yang sehat, berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis dalam bingkai ketaqwaan dan keimanan kepada-Nya.

Sementara Wakil Ketua TP-PKK Aceh Timur, Ners. Mariani, S.Keb, dalam laporan sebelumnya menjelaskan, pembinaan terhadap kader posyandu bagian dari tugas dan tanggungjawab PKK Aceh dan PKK Aceh Timur dalam memberikan pembinaan agar penerapan 10 program pokok PKK bagi masyarakat gampong berjalan lancar.

“Tujuan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pendidikan dan ketrampilan yang diperlukan, dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa serta pendapatan keluarga dapat tercapai,” kata Mariani.

Ditambahkan, program PKK juga bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui perencanaan sehat, lingkungan sehat, serta perilaku hidup bersih dan sehat dengan melalui berbagai pendekatan. “Nah, salah satunya melalui penguatan kader posyandu pendampingan ibu hamil dan pemanfaatan buku KIA,” ujar Mariani.

Selain dihadiri para kader posyandu, kegiatan juga dihadiri Ketua TP-PKK Kecamatan Se-Aceh Timur. Usai dibuka oleh Wakil Ketua TP-PKK Aceh, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber yang berkompeten dibidangnya. [] L24-012 (M. Amin)
Diberdayakan oleh Blogger.