Bupati Rocky Serahkan 75 Ton Benih Padi Ke Petani

Lentera24.com | ACEH TIMUR -- Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib atau Rocky, sukses membawa pulang 75 ton benih padi dari Kementerian Pertanian RI. Jumlah tersebut telah membantu para petani di 14 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur.

Foto : Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib, SH, didampingi Kadistan Ir. Sanusi, MM, menyerahkan benih padi hibrida sembada ke petani di Simpang Ulim, Kamis (15/11/2018). (Bag. Humas & Protokoler Setdakab Aceh Timur)
“Musim tanam November – Desember ini mencapai 20.000 hektar di 24 kecamatan. Alhamdulillah kita berhasil membawa anggaran pusat dalam bentuk benih padi jenis Hibrida Sembada atau setara Rp9 miliar,” ujar Bupati Rocky didampingi Kepala Dinas Pertanian, Ir. Sanusi, MM, usai Penyerahan Bantuan Benih Padi Hibrida Sembada 626 Tahun 2018 di Kecamatan Simpang Ulim, Kamis (15/112018).

Dijelaskan, awalnya pemerintah telah berupaya untuk mengusulkan non-hibrida ke Provinsi Aceh dengan APBA, tetapi setelah ditunggu tak kunjung datang, sehingga sebagian petani mengambil inisiatif secara swadaya dengan menggunakan benih biasa.

“Tapi kita kembali berupaya untuk menjumpai pejabat di Kementan RI dan usaha kita tidak sia-sia, karena dalam hitungan hari langsung dikirim benih padi sesuai harapan petani dan hari ini langsung kita salurkan ke petani yang akan menampung 5.000 hektar sawah di Aceh Timur,” ujar Rocky.

Diterangkan, potensi hasil dari benih jenis Hibrida Sembada 626 akan menghasilkan 13,2 ton per hektar dengan umur tanaman 117/hss serta anak produktif 15 batang per rumbun. Bahkan keunggulannya memiliki panjang malai 28 centimeter dengan jumlah gabah/malai 207 butir per malai serta memiliki bobot 1000 butir seberat 28 gram.

“Untuk pengairan perlu dijaga ketinggian air di sawah 5 centimeter sampai berumur 10 hari, guna mempercepat pertumbuhan bibit dan menghambat gulma,” ujar Rocky seraya menminta, petani dalam pengendalian hama penyakit untuk berkoordinasi dengan penyuluh.

Dalam penyerahan benih padi unggulan itu hadir antara lain pejabat di Dinas Pertanian, unsur muspika, para penyuluh dan puluhan petani di Kecamatan Simpang Ulim, Madat dan Pante Bidari. [] L24-012 (M. Amin)
Diberdayakan oleh Blogger.