Asisten II Pimpin Apel Hari Kesehatan Nasional ke-54

Lentera24.com | ACEH TIMUR -- Usman A. Rachman Asisten Keistimewaan Aceh, Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur mewakil Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 Tahun 2018.

Foto : Dok. M. Amin
Pada Kesempatan itu Asisten mengajak seluruh komponen bangsa membiasakan prilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, bertempat dihalaman Kantor BKPSDM, Selasa (13/11/2018).

Dalam sambutannya membacakan pidato Nila Farid Moeloek Mentri Kesehatan RI, Asisten II mengatakan, peringatan HKN ke-54 ini, Hari kesehatan nasional yang kita peringati setiap tanggal 12 november pada tahun ini mengambil Tema "Aku Cinta Sehat,  dengan Sub Tema "Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita"

Tema ini sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK) yang menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangunan kesehatan. 

Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) merupakan suatu tindakan sistemetis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa, dalam membangun kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkam kualitas hidup dan produktivitas bangsa. 

Indonesia sekarang sedang menghadapi transisi epidemiologi terkait dengan penyakit kita menghadapi tiga beban penyakit (Triple Burden Of Diseases). Beban penyakit yang diukur dari tahun yang hilang akibat kematian dini, telah bergeser dari penyakit menular ke arah penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, gagal ginjal, diabetes, kanker dan sebagainya. 

Namun sisi lain muncul ancaman penyakit infeksi baru, seperti Flu Burung, Ebola, TB Rasisten Obat dan lainnya. Mengajak semua untuk menggelorakan peringatan hari kesehatan nasional sebagai wahana sosialisasi pembangunan kesehatan dan edukasi kepada masyarkat. 

Usai peringatan Hari Kesehatan Nasional, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur menyerahakan penyerahan sertifikat akreditasi puskesmas kepada 7 puskesmas yang ada yang telah mendapatkan pengakuan kelulusan Terakreditasi tingkat madya oleh komisi akreditasi fasilitasi kesehatan tingkat pertama kementrian ksehatan RI. 

Yaitu,  UPTD Puskesmas Simpang Ulim, Pusekesmas Madat, Puskesmas Peureulak Barat, Puskesmas Ranto Peureulak, Puskesmas Sungai Raya, Puskesmas Rantau Selamat dan UPTD Puskesmas Birem Bayeun. 

Selanjurnya penyerahan dua unit mobil Puskesmas keliling (Pusling) untuk UPTD Puskesmas yaitu,  UPDT Puskesmas Simpang Ulim dan UPTD Puskesmas Julok. Lalu dilanjutkan penyerahan satu unit mobil operasional layanan public safety center (PSC) kepada team public safety center (PSC) Kabupaten Aceh Timur. 

Turut hadir pada peringatan HKN Ke 54 diantaranya, Usman A Rachman Asisten II Drs. Zubir Sekwan DPRK, dr. Edi Gunawan Direktur RSUD Zubir Mahmud, Sahminan, SKM Kadis Kesehatan Aceh Timur, Adlinsyah, S. STP. M. AP Kepala Kesbang Pol, T. Amran,  SE Kasat Pol PP dan WH, Kapten Inf Suharno danramil Idi,Yusnil Amri Ketua KNPI, ‎Iptu Azman,SH.MH Kasat Bimas Polres Aceh,  ‎Baharuddin, Spd Anggota MPD, serta para camat dan unsur forkofimda dan tamu undangan. [] L24-012 (M. Amin)
Diberdayakan oleh Blogger.