HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Tolak Lepas Hijab seperti Miftahul Jannah, 3 Atlet Ini Didiskualifikasi Sebelum Bertanding!

AJANG Asian Para Games 2018 mencatat sejarah yang cukup kontroversional. Datang dari cabang olahraga judo, salah satu atlet Indonesia didisk...

AJANG Asian Para Games 2018 mencatat sejarah yang cukup kontroversional. Datang dari cabang olahraga judo, salah satu atlet Indonesia didiskualifikasi karena alasan tidak ingin lepas hijab.

Foto : Okezone.com
Adalah Miftahul Jannah. Sosok perempuan yang memiliki ketidaksempurnaan dalam penglihatan itu tidak bisa ikut berjuang dalam kelas tanding judo.

Namun, kasus seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Okezone coba mencatat bahwa ada 3 kasus lainnya yang serupa dan ini menjadi fakta bahwa pemakaian hijab di beberapa cabang olahraga masih tidak diperkenankan.

Jika kembali ke masalah Miftahul Jannah, wasit menyatakan bahwa pemakaian kerudung bisa membahayakan si pemakainya karena tehnik kuncian yang dilakukan para atlet.

Lalu, siapa saja 3 atlet berhijab yang pernah didiskualifikasi karena ogah melepas hijabnya?

1. Zeynep Makbule Akyuz asal Turki

Foto : Okezone.com
Atlet wushu asal Turki ini pun sempat ditolak berlaga di salah satu pertandingan wushu Internasional di Eropa pada 2015. Alasannya sama, Zeynep enggan melepaskan hijab di kepalanya. Karena sikapnya tersebut, pihak panitia pertandingan mengeluarkan Zeybep secara paksa dan dia tidak bisa bertanding sama sekali.

2. Amaiya Zafar asal Minnesouta

Foto : Okezone.com
Atlet lainnya yang pernah mengalami kejadian ini adalah Amaiya Zafar. Dia mesti mundur dari kejuaraan tinju Sugar Bert Tournament di Kissimmee, Florida, pada 2016. Amaiaya tidak ingin melepaskan hijab dikepalanya dan karena hal tersebut, dia harus didiskualifikasi dari pertandingan.

Malah, panitia pertandingan tidak hanya melarang Amaiya mengenakan hijab. Dalam peraturan di sana, atlet dilarang mengenakan pelapas lengan panjang dan legging yang melapisi kostum pertandingannya.

3. Auliya asal Indonesia

Foto : Okezone.com
Tidak hanya dari luar negeri. Kasus Miftahul Jannah juga pernah terjadi di Indonesia dan yang mengalaminya adalah Auliya.

Auliya didiskualifikasi dari pertandingan karate se-Jawa Timur karena menolak melepaskan hijabnya. Dia rela tidak bertanding dengan alasan bahwa apa yang dia kenakan sudah seharusnya dilakukan oleh semua Muslimah. [] OKEZONE.COM