Setelah Disuntik Vaksin MR Pelajar Mts MIM Langsa Pingsan

Lentera24.com | LANGSA -- Usai disuntik imunisasi Vaksin MR atau singkatan dari Measles and Rubela pelajar MTS MIM Langsa jatuh pingsan.


Informasi yang dihimpun media ini diketahui korban dari Vaksin MR berinisial M. kelas II/3 MTS MIM Langsa warga Gampong Sungai Pauh Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa.

Saat di konfirmasi media ini Sabtu (20/10) Kepala Sekilah MTS-MIM Langsa Buk Rosmawati,Spd mengatakan bahwa, iminisasi MR ini sudah menjadi Program Pemerintah, dan seluruh sekolah di Kota Langsa sudah melakukan imunisasi MR sekolah kita baru hari ini melaksanakannya.

Sambungnya, Kita juga tidak serta merta atau memaksa pelajar untuk melakukan iminisasi yang diadakan di sekolah. Sebelum imunisasi digelar kami dari pihak Mts MIM Langsa sudah membagikan formulir kepada semua orang tua agar mengisi formulir tersebut. Di dalam formulir yang dibagikan kepada seluruh orang tua pelajar berisikan persetujuan dan penolakan anaknya di imunisasi MR di sekolah, imbuhnya.

"Jika para orang tua mengisi formulir penolakan anaknya mengikuti atau di Imunisasi MR maka anak tersebut tidak kita ikut sertakan mengikuti imunisasi MR", cetusnya.

Sementara itu di tempat yang sama Herlina selaku petugas dari Pukesmas Langsa Baro yang menangani Imunisasi vaksin MR di sekolah Mts MIM Langsa mengatakan bahwa "dalam mengikuti Imunisasi ini anak-anak tidak ada yang dipaksa", katany.

Terkait dengan pelajar yang pingsan usai diimunisasi MR itu disebabkan karena sebelum diimunisasi anak tersebut belum makan (perut kosong) dan lagi bagi anak yang baru saja diimunisasi MR tidak diperbolehkan berlari lari, katanya lagi.

"Namun saat ini pasien sudah dibawa ke Pukesmas Langsa Baro guna memperoleh penanganan lebih lebih lanjut".

Menurut Herlina, selama memberikan imunisasi kepada pelajar tidak pernah terjadi masalah, baru kali ini pasien jatuh pingsan.

"Pada saat diserpasi lebih kurang 30 menit pasien oyong langsung pinsan, lantas kita hubungi pukesmas untuk mengirim mobil Ambulance untuk membawa pasian," tutupnya.

Diketahui Vaksin MR atau singkatan dari Measles and Rubela adalah pengganti vaksin MMR yang sudah menghilang dari pasaran. Vaksin ini diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus campak dan rubella (campak Jerman).

"Untuk itu hendaknya petugas imunisasi harus teliti memeriksa daya tubuh pelajar yang akan diimunisasi, sehingga dapat mencegah jatuhnya korban". [] L24-007 (Roby Sinaga)
Diberdayakan oleh Blogger.