Rencana Bangun MCK Selokasi Masjid Ditolak Jamaah

Lentera24.com | SUBULUSSALAM -- Rencana dibangun delapan unit Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) plus persis di sisi kiri Masjid Al Iman, Desa Jontor, Kec. Penanggalan, Kota Subulussalam dikabarkan mendapat protes dan penolakan dari sejumlah jamaah dan warga setempat. Warga baru mengetahui informasi di sana dari sejumlah pekerja setelah melakukan pengorekan pondasi. 


Pasalnya, selain rencana pembangunan itu tidak diawali musyawarah, keberadaan MCK di sana dinilai akan sangat mengganggu kenyamanan jamaah karena terlalu dekat dengan ruang utama masjid. Di sisi lain, keberadaan dua unit WC pria dan wanita serta kran tempat wudu' di bagian belakang masjid itu dinilai masih cukup.

Pantauan, Senin (15/10) selain bekas pengorekan pondasi, tampak seonggokan pasir di sana, meski aktivitas pekerja tidak ada. Kepada media ini warga berharap tidak dilanjutkan pekerjaan itu karena ditengarai mubajir dan tidak tepat. 

Selain itu, sejumlah alasan penolakan adalah, MCK tidak layak selokasi dengan masjid, pasokan air selama ini hanya cukup untuk kebutuhan wudu' dan WC meski sesekali terkendala jika air PDAM mati, tanah kosong di sana diprogramkan untuk pembuatan balai pengajian anak-anak atau untuk perluasan masijid ke depan. 

Pantauan, Rabu (17/10), aktivitas pekerjaan tidak terlihat di sana, sementara sejumlah jamaah pastikan sangat mendukung dibatalkan pembuatan MCK atau dialihkan ke tempat yang lebih layak. 

"Kalau memang harus untuk masjid ini, direnovasi saja WC atau kamar mandi yang sudah ada, tidak memanfaatkan tanah kosong masjid karena peruntukannya diprogramkan untuk pembuatan balai pengajian atau perluasan masjid ke depan," saran tokoh agama di sana. [] L24-Khairul 

Diberdayakan oleh Blogger.